JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

6 Tips Cegah Penyakit Stroke, Jantung dan Gula Versi DKK Sragen. Nomor 2 Banyak Dilakukan Pria! 

ilustrasi sakit kepala
ilustrasi sakit kepala

SRAGEN- Tren peningkatan angka kasus penyakit tak menular namun mematikan belakangan ini, memang cukup memprihatinkan. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) pun membagikan tips untuk mencegah ancaman penyakit mematikan macam stroke, jantung, hipertensi dan gula (diabetes melitus).

“Pencegahannya adalah dengan melakukan gerakan masyarakat sehat atau Germas. Pola hidup yang sehat, karena penyakit tidak menular tapi mematikan itu biasanya dipicu oleh pola makan dan pola hidup,” papar Kepala DKK Sragen, Hargiyanto Selasa (13/11/2018).

Baca Juga :  Menangi Kontes Busana Jawa, Intan Thomas Dinobatkan Jadi Wanita Teranggun di Kabupaten Sragen. Ketua GOW Ajak Nguri-Uri Busana Kebaya

Hargiyanto menguraikan Germas itu dijabarkan dalam enam hal yang disingkat dengan CERDIK. Tips pertama C yakni cek rutin kesehatan setiap bulan atau minimal enam bulan sekali.

Kedua E yakni enyahkan asap rokok. Kebiasaan menghisap rokok yang banyak dilakukan pria ini barangkali sedikit sulit dilakukan apalagi bagi mereka yang sudah perokok berat.

Baca Juga :  Sah, Putra Sulung Bupati Sragen Resmi Persunting Putri Sleman. Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan Digelar Sederhana

“Konsumsi rokok bisa memicu jantung,” urai Hargiyanto.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua