loading...
Loading...
Foto/Istimewa

JOGLOSEMARNEWS- Tragedi kecelakaan Lion Air JT610 yang mengangkut 189 penumpang dan awak di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat Senin (29/10/2018) kembali menghadirkan duka bagi Indonesia. Hancurnya pesawat yang sebenarnya baru dua bulan beroperasi itu seolah menambah panjang daftar kecelakaan moda transportasi udara tersebut.

Yang menjadi perhatian dunia tak lain bahwa penerbangan ini menggunakan pesawat teranyar Boeing, yaitu Boeing 737 Max 8. Peristiwa ini menjadi kecelakaan pertama Boeing 737 Max 8 yang diklaim merupakan keluaran terbaru dari varian Boeing dan tentu sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Tragedi jatuhnya Lion JT-610 itu juga menghadirkan kengerian tersendiri bagi masyarakat yang sering menggunakan transportasi burung besi itu. Namun insiden itu kemudian memunculkan anggapan benarkah transportasi via pesawat sudah tak aman lagi?

Lantas adalah maskapai penumpang yang benar-benar aman dan belum pernah celaka di dunia ini. Jawabnya ada.

Baca Juga :  Gara-gara Makan Sandwich di Peron, Lelaki Ini Diborgol Polisi

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Telegraph dan liputan6.com, ternyata ada maskapai-maskapai yang bersih atau belum pernah mengalami kecelakaan serius. Pendek kata, tingkat keamanan dan keselamatan penumpang yang menaiki maspakai ini hampir 100 persen.

Berikut Rangkuman Daftar Maspakai Teraman di Dunia:

1.Virgin Air 

Maskapai penerbangan Virgin punya catatan keamanan yang bagus. Maskapai asal Amerika Serikat ini beroperasi selama puluhan tahun tanpa kecelakaan.

Bahkan, Virgin Atlantic dan Virgin Australia masuk daftar 20 maskapai teraman di dunia, menurut situs AirlineRatings.com

2. Hawaiian Airlines

Maskapai asal Amerika Serikat ini telah beroperasi sejak tahun 1929. Sepanjang masa beroperasi, perusahaan ini tidak pernah mengalami kecelakaan pesawat yang fatal.

Hanya, maskapai ini mengalami dua kali kebangkrutan, yaitu tahun 1993 dan 2003.

Baca Juga :  Sniper Cantik Ini Ibarat Dewi Pencabut Nyawa Bagi Anggota ISIS, Kepalanya Seharga Rp 14 M

Meskipun “dompet jebol”, Hawaiian Airlines tak pernah membahayakan keselamatan para penumpang.

Sejak awal berdiri, maskapai itu hanya mengoperasikan pesawat ringan untuk penerbangan wisata jarak pendek di sekitar P. O’ahu.

Sekarang, Hawaiian sudah melayani sejumlah penerbangan dengan tujuan ke Pasifik, termasuk Selandia Baru, Australia, Asia, dan Pantai Barat dan Amerika Serikat.

3. Emirates

Maskapai penerbangan asal Dubai, Uni Emirat Arab, ini telah beroperasi sejak 1985. Emirates memiliki 3.600 penerbangan dalam seminggu.

Maskapai ini dilaporkan tak pernah mengalami kecelakaan fatal ketika terbang. Tapi, pernah terjadi sebuah insiden serius ketika pesawat Boeing 777 mendarat di Bandara Internasional Dubai.

Kabin pesawat terbakar dan meledak di runway. Semua penumpang telah dievakuasi.

Seorang petugas pemadam kebakaran meninggal dunia ketika sedang memadamkan kobaran api pesawat. Setelah insiden ini terjadi, tak ada laporan kecelakaan fatal dari Emirates.

Baca Juga :  Emosi Karena Anak Tak Bisa Diajari Matematika, Ibu Ini Terkena Serangan Jantung

4. Etihad 

Maskapai asal Abu Dhabi ini punya catatan keamanan yang apik. Maskapai yang berdiri sejak 2003 ini hanya punya satu insiden kecil, yaitu ketika pesawat Etihad sedang diuji coba di Bandara Toulouse, Perancis.

Pesawat ini menabrak dinding beton. Ada 9 orang di dalamnya yang terluka. Empat orang dilaporkan mengalami luka serius.

5. Qantas 

Qantas terpilih sebagai maskapai teraman di dunia. Bukan main, maskapai ini memegang predikat maskapai paling aman selama empat tahun berturut-turut.

Dia mengalahkan 19 pesaingnya, termasuk Britihs Airways dan Virgin.Kemudian, menyusul Singapore Airlines, Air New Zealand, Emirates, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, dan Luthfansa. (Wardoyo/*)

Loading...