loading...


Riska Diana (dua dari kiri) saat mendapat ucapan selamat dari Kepala Kanreg I BKN Yogya, Anjaswari Dewi (kiri) dan Bupati Grobogan, Sri Sumarni (dua dari kanan) usai dinyatakan meraih nilai tertingggi sementara Ujian CAT CPNS Jateng-DIY di GOR Diponegoro Sragen, Rabu (14/11/2018) petang. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di GOR Diponegoro Sragen Rabu (14/11/2018) diwarnai kabar menggembirakan. Salah satu peserta asal Kabupaten Grobogan, Riska Diana dinyatakan meraih nilai tertinggi sementara dari semua peserta CPNS di wilayah Jateng-DIY.

Sarjana PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lulusan 2014 berusia 25 tahun itu sukses menorehkan namanya di posisi teratas peserta peraih nilai tertinggi dengan skor total 423. Riska yang saat ini tengah menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari beasiswa Kemenristek Dikti itu meraih nilai cukup fantastis.

Dari pengumuman hasil ujian CAT yang langsung muncul di papan skor, ia mencatat nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) 130, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 135 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 158.

Nilai TKP milik Riska juga cukup mencengangkan. Pasalnya hampir mayoritas peserta CPNS 2018 menilai TKP sebagai momok paling sulit dan sebagian besar rontok hanya karena skor TKP tak sampai 143.

Baca Juga :  Sragen Raih Predikat Kepatuhan Tinggi Atas Pelayanan Publik dari Ombudsman RI 

“Tadi malah nggak tahu kalau dapat nilai tertinggi. Saya mikirnya yang penting bisa memenuhi passing grade. Baru tahu pas waktu habis tiba-tiba nilai muncul nggak nyangka juga kalau paling tinggi,” ujar Riska didampingi ibunya saat ditemui Joglosemarnews.com di ruangan tenda sekretariat Ujian CPNS GOR Diponegoro Sragen, Rabu (14/11/2018) petang.

Riska mengikuti ujian hari terakhir untuk jadwal Kabupaten Grobogan. Ia ujian di sesi keempat dan selesai sekitar pukul 16.00 WIB.

Selesai ujian, ia langsung ditemui oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang kebetulan juga sidak ke GOR Diponegoro. Bupati didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Grobogan, Padma Saputra.

Baca Juga :  Pimpin Polres Sragen, Ini 5 Target Utama Yang Akan Dijalankan AKBP Yimmy Kurniawan!

Keduanya menemui Riska bersama Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogya, Anjaswari Dewi.

“Selamat ya,” ujar Bupati sambil menyalami Riska.

Anjaswari mengungkapkan Riska memang sementara menjadi peserta seleksi CPNS dengan nilai tertinggi di wilayah Kanreg I BKN Yogya yang membawahi wilayah Jateng-DIY..

“Untuk sementara iya (tertinggi). Untuk Jateng dan DIY, Mbak Riska Diana ini masuk tertinggi dengan nilai 423. Tapi secara keseluruhan tes memang baru selesai 17 November 2018. Ada beberapa daerah yang belum selesai. Nanti hasil akhirnya akan kita beritahukan,” paparnya kepada Joglosemarnews.com.

Ia menambahkan nilai yang diraih Riska memang terpaut agak jauh di atas dari ambang batas passing grade yang ditentukan. Anjaswari menyebut untuk ambang batas peserta cumlaude dipatok 298, sedangkan untuk pelamar umum harus memenuhi tiga skor minimal TWK 75, TIU 80 dan TKP 143.

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan Maut Pikap Hancur Tewaskan 2 Orang di Tol Sragen-Ngawi. Pikap Mendadak Oleng dan Sempat Terguling

Untuk seleksi CPNS di GOR Diponegoro yang diikuti 9 kabupaten/kota, dinyatakan selesai Rabu (14/11/2018). Tes sudah digelar sejak 26 Oktober 2018. Kabupaten Grobogan menjadi kabupaten terakhir yang menuntaskan jadwalnya dengan enam sesi di hari terakhir. Wardoyo

 

Loading...