loading...
Loading...
Tempo.co

JOGJA – Main ke Jogja belum afdol kalau tak membeli oleh-oleh kuliner bakpia. Nah, selama ini yang banyak dijumpai adalah bakpia dalam bentuk basah dengan aneka rasa.

Tapi, belakangan muncul kreasi baru yaitu  bakpia krispi  yang bisa tahan sampai 6 bulan. Waouw… Bakpia ini diproduksi oleh Bakpia Joewara Satoe.

Bakpia ini mungkin mirip kue namun sebenarnya bakpia ini dibikin kering tanpa kadar air tersisa.

“Karena diproduksi tanpa kadar air maka bisa sangat tahan lama, bisa tiga hingga enam bulan,” ujar Wahyu Karnadijaya, Manajer Distribusi Bakpia Jawara Satoe di sela-sela pembukaan pabrik pertamanya di Yogya, Minggu (16/12/ 2018).

Wahyu menuturkan bakpia produksinya menghindari bahan pengawet karena dengan proses pembuatan yang diterapkan bakpia dengan diameter jumbo 7 sentimeter itu sudah tahan lama.

“Produksi bakpia ini menggunakan mesin modern sehingga lebih higienis, dan kapasitas produksi 10 ribu  bakpia tiap hari,” ujarnya.

Yang unik, selain dalam tampilan jumbo dan krispi, bakpia tersebut mengusung berbagai varian rasa unik. Varian yang jadi andalan yakni gula tarik, merupakan bakpia bertabur wijen yang di dalamnya berisi campuran gula pasir dengan karamel serta bahan lain, sehingga saat bakpia digigit karamel di dalam akan lumer di mulut.

Lapisan luar bakpia yang krispi sendiri dominan dengan asin dan gurih, bukan rasa manis seperti bakpia umumnya.

“Kami ingin pakem baru rasa bakpia yakni dengan rasa asin-gurih, tapi tetap ada unsur manisnya,” ujarnya.

Selain varian gula tarik, ada pula varian bakpia sayur yang isinya berupa campuran aneka sayuran dengan dominasi rasa asin gurih. Bakpia sayur ini merupakan varian yang sebelumnya belum pernah ada dalam aneka varian bakpia di Yogya. Selain itu ada pula khusus rasa asin juga kacang hijau manis.

Sebaran bakpia krispi ini akan dipusatkan tetap di kawasan Patuk Kota Yogya, yang selama ini menjadi sentra produksi dan penjualan bakpia di Yogya.

“Kami berharap bakpia krispi ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh bagi wisatawan pecinta bakpia,” ucap Wahyu.

Harga bakpia yang ditawarkan mulai Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu untuk lima buah tergantung variannya. Harga tersebut dinilai bisa bersaing dan terjangkau, apalagi bakpia krispi ini menjadi salah satu inovasi terbaru di dunia bakpia.

Meski menggunakan mesin modern, keterlibatan masyarakat untuk bekerja di pabrik bakpia tersebut tetap dilakukan. Khususnya di bidang permesinan.

“Kami juga merangkul warga sekitar untuk bisa bekerja di sini sesuai dengan kebutuhan,” katanya. #tempo.co

Loading...