JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Digembleng Selama 8 Bulan 230 Siswa Setukpa A 21 Dilantik Jadi Perwira TNI AU

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., MM., meresmikan penggunaan Mess Siswa Skadron Pendidikan  401 Wiradatu, ditandai dengan penandatanganan di batu prasasti. Istimewa
   
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., MM., meresmikan penggunaan Mess Siswa Skadron Pendidikan  401 Wiradatu, ditandai dengan penandatanganan di batu prasasti. Istimewa

SOLO– Setelah melewati perjuangan panjang selama 8 bulan, siswa setukpa A-21 akhirnya berhasil  menggapai mimpi mereka untuk menjadi Perwira TNI AU. Segala rasa lelah dan capai terbayarkan, setelah secara resmi mereka dilantik dan disumpah, oleh Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, pada tanggal 21 Desember 2018 di lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo.

Angkatan Setukpa 21 mengawali pendidikan mereka pada bulan April 2018 dengan jumlahsiswa sebanyak 230 siswa, termasuk didalamnya 20 siswa Wara. Siswa Setukpa A-21 terdiri dari berbagai macam korps seperti Teknik, Elektronika, Administrasi, Pembekalan, Pom AU , Paskhas, Kesehatan dan Khusus. Mereka adalah Bintara TNI-AU pilihan yang mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing dan telah mempunyai pengalaman dinas selama puluhan tahun mengabdi kepada TNIAU.

Setukpa A-21 mempunyai julukan Wiradatu yang mempunyai makna sebagai perwiraprofesional atau Perwira yang mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing. Secara kebetulan,wiradatu juga dapat diartikan dengan Setukpa Angkatan ke dua puluh satu. Tradisi pemberian Call sign ini adalah untuk menumbuhkan kekompakan dan jiwa korsa antar sesama siswa Setukpa TNI AU dalam satu angkatan, selain juga merupakan ekspresi dari keinginan untuk menampilkan ciri khas mereka sebagai satu angkatan yaitu sebagai Perwira Profesional.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapain prestasi Setukpa A-21, Komandan Lanud AdiSoemarmo, Kolonel Pnb Indan Gilang B mengabadikan call sign mereka WIRADATU sebagai nama flat atau mess yang baru saja selesai konstruksi pembangunannya pada bulan Desember 2018 dengan kapasitas total sebanyak 192 kamar. Kemudian pada hari yang sama dengan pelaksanaan Prasetya Perwira Setukpa A-21,  Flat Wiradatu diresmikan penggunaannya secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Yuyu Sutisna disaksikan oleh pejabat-pejabat teras Mabes AU, pejabat Kodiklatau dan Lanud Adi Soemarmo serta perwira-perwira baru yang saja dilantikatau mantan Siswa Setukpa A-21.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

“Kami sangat mengapresiasi pencapaian prestasi Setukpa A- 21 dan secara khusus mengamanatkan agar Perwira lulusan Setukpa menjadi Perwira yang profesional sebagaimana call sign mereka yaitu  Wiradatu perwira yang ahli dibidangnya masing-masing. Kasau juga menekankan komitmen TNI AU bahwa seluruh fasilitas pendidikan Skadik 401 akan dilengkapi dandibangun secara bertahap sehingga memenuhi standar fasilitas pendidikan yang dibutuhkan sebagai Candradimuka penggemblengan calon-calon perwira TNI AU,” urainya dalam rilis, Senin (24/12/2018).

Setelah mendapatkan surat perintah, para perwira baru mantan Setukpa A-21 menuju daerah penugasan masing-masing yang tersebar di seantero wilayah Republik Indonesia, dari Sabang  sampai Merauke. Selamat jalan dan selamat bertugas para Perwira Baru TNI AU  WIRADATU , ibu pertiwi menanti Dharma Baktimu, ingatlah selalu pesan Bapak TNI AU Jadilah Perwira Sejati, Pembela Tanah Air. Triawati PP 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com