JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren, Pemuda Wonogiri Ini Koleksi 400 Keris Lebih dan Pengin Bangun Museum Keris. Ternyata Ini Alasannya

Anton di antara sebagian koleksi kerisnya. Foto : istimewa
Anton di antara sebagian koleksi kerisnya. Foto : istimewa

WONOGIRI-Kendati termasuk salah satu warisan adiluhung, tidak banyak anak muda yang punya keinginan melestarikan eksistensi keris. Di antara sedikit anak muda yang peduli keris itu, ada sosok Anthony Ilham (33).

Warga Dusun Brumbung RT 4 RW 7 Desa Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri membuktikan kecintaannya terhadap keris. Dia saat ini memiliki koleksi benda pusaka tersebut lebih dari 400 bilah. Selain itu, dia juga mempunyai keinginan mendirikan museum keris di Kota Sukses Wonogiri.

“Saya mulai mengoleksi keris sejak kuliah di Solo pada 2004. Tapi untuk kecintaan terhadap keris sudah tumbuh mulai kecil,” ungkap pria yang akrab disapa Anton itu, Selasa (18/12/2018).

Ketua II Wonogiri King Club (WKC)-komunitas pengguna motor Yamaha RX King di Wonogiri- tersebut menuturkan alasannya mencintai keris. Menurut dia proses pembuatan keris sangat unik. Empu yang membuat keris ratusan tahun silam memerlukan proses laku tirakat ketika membuatnya.

Baca Juga :  Rapid Test Wartawan Wonogiri, Dari Belasan Jurnalis yang Ikut Tak Ada Satupun yang Reaktif, Tes Selanjutnya Giliran Tenaga Medis Lagi

“Pun bukan hanya besi yang dijadikan matetial pembuatnya. Ada campuran benda dari langit semacam meteor yang jatuh dan dilebur,” terang pria yang juga mempunyai banyak tombak maupun pedang itu.

Soal batu meteor, menurut dia, tidak kalah menarik. Peran batu meteor tersebut menciptakan sebuah pamor dari keris pusaka tersebut.

“Batu meteor tersebut tidak bisa ditebak kapan jatuhnya ke bumi. Nah, empu harus melakukan laku tirakat agar bisa mengambil batu langit tersebut ketika jatuh ke bumi,” kata dia.

Disinggung soal asal keris koleksinya, dia menuturkan, dari warisan leluhurnya, dan dengan membeli.

Baca Juga :  Dapat Durian Runtuh, Widiastuti Nugroho Bawa Pulang Motor Yamaha NMax Gres Dari Semarak Undian Tabungan Berhadiah PT BPR Bank Giri Suka Dana Wonogiri

“Saya hanya membeli namun tidak menjual kembali. Ini wujud kecintaan saya kepada warisan adiluhung nusantara,” sebut dia.

Dari sekian banyak koleksinya, dia memiliki keris pada zaman Kerajaan Daha, salah satu kerajaan tertua di nusantara. Kerajaan Daha di Kediri sekitar 1100 Masehi, jauh sebelum Kerajaan Majapahit yakni Keris Betok Kabudan.

Dengan koleksinya yang banyak itu, pria yang terdaftar sebagai Caleg DPRD Kabupaten Wonogiri Dapil 4 dari Partai Hanura tersebut ingin membuat wahana edukasi. Yakni museum keris di wilayah Wonogiri Kota. Sebuah museum yang ada bangunan joglonya di kawasan kota biar generasi muda bisa belajar mengenai keris. Muaranya warisan adiluhung nusantara bisa tetap eksis. Aris Arianto