loading...


Danlanud Adi Soemarmo saat memasang pita tanda latihan pada upacara pembukaan Hanlan Tahun 2018. Foto: Istimewa

SOLO– Lanud Adi Soemarmo menggelar Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) 2018, Kamis (6/12/2018), di Lapangan Dorgantara Lanud Adi Soemarmo. Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Indan Gilang B bertindak selaku Inspektur Upacara dalam Upacara Hanlan Tahun Anggaran 2018.

Komandan Lanud Adi Soemarmo dalam sambutannya mengatakan  Latihan Pertahanan Pangkalan bertujuan memberikan pengetahuan dan pedoman untuk memahami dengan baik, bagaimana dan apa yang harus dilakukan tiap-tiap personel Lanud Adi Soemarmo dalam meksanakan pertahanan pangkalan.

“Saya menegaskan agar seluruh peserta latihan melaksanakan program latihan dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh semangat serta mematuhi prosedur latihan yang berlaku, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai program latihan yang direncanakan,” tandasnya.

Baca Juga :  UNISRI Adakan Sekolah Pasar Modal 2018

Dalam latihan ini diskenariokan bahwa  Intelijen Lanud Adi Soemarmo menyampaikan informasi bahwa  dua Kompi gerombolan pengacau keamanan bersenjatakan laras panjang telah menduduki Lanud Adi Sutjipto  dan akan mengembangkan operasinya  ke Lanud Adi Soemarmo.

Dengan adanya Informasi Intelijen  Danlanud Adi Soemarmo dan memerintahkan  satuan dibawahnya untuk  mengadakan siaga I  mempertahankan obyek-obyek vital dan dilaksanakan patroli aktif guna mencegah penyusupan.

Pada malam hari musuh bergerak lagi menuju Lanud Adi Soemarmo untuk mengadakan infiltrasi dari sektor barat untuk menguasai Lanud Adi Soemarmo. Pasukan Lanud Adi Soemarmo melakukan patroli lebih intensif dan memperketat wilayah radius yang sudah diintruksikan komando atas.

Baca Juga :  Museum De Tjolomadu, Sajikan Kisah Kehebatan Industri Gula di Tanah Jawa dalam Bentuk Milineial

Pada saat patroli itulah pasukan Lanud Adi Soemarmo mengetahui musuh dan terjadi kontak senjata. Dengan dibantu pasukan Lanud Adi Soemarmo dalam  waktu yang  sangat singkat dan cepat musuh akhirnya bisa dilumpuhkan, selanjutnya dilaksanakan penyisiran hingga dinyatakan aman.

Sementara itu, Kasi Operasi dan Latihan (Kasi Oplat ) Dinas Operasi  Lanud Adi Soemarmo Kapten Lek Nurhadi  mengatakan  Latihan Hanlan ini merupakan pelaksanaan  Program Kerja Seksi Opslat Triwulan IV Tahun Anggaran 2018.

“Latihan  ini diikuti seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama  dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 6 Desember sampai dengan  7 Desember 2018. Dalam latihan ini diisi dengan latihan Taktik Tempur  bivak, patroli, serangan,  repling, teori praktis dan konsolidasi,” tukasnya. Triawati PP

Baca Juga :  SOLOPEDULI Uji Peserta Pelatihan Komputer Gratis

 

Keterangan gambar :

 

Danlanud Adi Soemarmo saat memasang pita tanda latihan pada upacara pembukaan Hanlan Tahun 2018.

Loading...