JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ribuan E-KTP Dalam Karung di Kawasan Pondok Kopi Jakarta Timur, Lurah Pondok Kelapa Siap Bantu Menelusuri

Ilustrasi | Kartu Tanda Penduduk
ย ย ย 


JAKARTA – Lurah Pondok Kelapa, Siska Leonita, mennyatakan pihaknya siap membantu polisi untuk menelusuri asal usul ribuan
Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP dalam karung yang dibuang di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur.

“Kelurahan siap membantu,” kata Siska saat ditemui di kantornya, Senin, 10/12/2018.

Kepala Kepolisian Resor Jakarta Timur Komisaris Besar Yoyon Tony Surya Putra mengaku telah menerima 2.005 keping e-KTP yang terbuang di kawasan Pondok Kopi. Dari ribuang e-KTP terbut, sebanyak 63 keping di antaranya sudah hancur. Polisi menyatakan seluruh KTP yang ditemukan sudah habis masa berlakunya.

Baca Juga :  Gugatan Sengketa Pilpres Ditolak MK Seluruhnya, Mahfud MD Legawa, Ucapkan Terima Kasih ke Pendukung

Siska mengatakan e-KTP hanya bisa dibuat baru bagi warga yang belum merekam, rusak atau hilang. Sedangkan, bagi warga dengan KTP lama yang masa berlakunya habis tidak perlu memperpanjangnya.

Alasannya, kata dia, mengacu Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 470/296/SJ tahun 2016 perihal pemberitahuan pemberlakuan e-KTP, bahwa e-KTP warga yang masa berlakunya habis tidak perlu melakukan perpanjangan. “Sebab, e-KTP sudah dianggap berlaku seumur hidup, meski masa berlakunya habis berdasarkan surat edaran itu.”

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Menurut Siska, pihaknya saat ini masih mencari tahu penyebab ribuan keping e-KTP dalam karung itu. Bahkan, Siska mengaku telah menanyakan langsung kepada Kepala Satuan Pelaksana Kependudukan dan Catatan Sipil Pondok Kelapa, Fauziah, terkait masalah ini.

“Dia (Fauziah) juga langsung menginformasikan masalah ini ke pimpinannya,” ujar Sisca. Kelurahan, kata dia, menyerahkan proses penyelidikan pembuangan KTP ini kepada polisi. “Sekarang kasusnya di bawah penyelidikan polisi.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com