JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jika Tubuh Capai, Jangan Paksakan Berolah Raga, Ini Beberapa Risikonya

ilustrasi/tribunnews

Olah raga fisik membutuhkan kondisi fisik yang bugar. Karena itu disarankan, jika kondisi tubuh sedang kecapaian karena kesibukan kerja atau habis begadang, tidak melakukan olah raga esok harinya.

Sebab, alih-alih mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga ketika kondisi tubuh sedang tidak prima justru bisa memberi sejumlah dampak buruk.

“Pastikan kondisi tubuh fit. Kalau malam kurang tidur, jangan memaksa paginya olahraga,” ujar instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf, Kamis (6/12/2018) lalu.

“Sama juga ketika seharian aktivitas padat, capek banget, jangan paksakan malamnya olahraga yang terlalu berat,” ujarnya.

Baca Juga :  Waspada, Risiko Terinfeksi Virus Meningkat di Musim Pancaroba. Ini Saran dari Dokter agar Terhindar dari Covid-19

Laila menambahkan, ketika tubuh dalam kondisi sangat kelelahan, gerakan yang sangat sederhana sekalipun bisa menaikkan detak jantung menjadi sangat tinggi.

Apalagi, jika orang tersebut sudah bangun sejak subuh dan beraktivitas penuh. Selain berakibat pada detak jantung, memaksakan olahraga ketika tubuh sedang dalam kondisi tidak bugar bisa meningkatkan risiko cedera.

“Kalau badan tidak fit, otot yang biasanya kuat bisa jadi enggak kuat lalu keseleo-lah, punggung tidak enak, pingsan juga bisa, kurang oksigen ke kepala, jantung mendadak berhenti juga mungkin,” tutur dia.

Baca Juga :  Covid-19 Masih Merajalela di Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat, Ini Saran Ahli Farmasi

Menurut dia, hal terpenting adalah memahami kondisi kebugaran tubuh sendiri. Tidak perlu memaksakan diri ketika kondisi tubuh tidak memungkinkan.

Opsi lainnya adalah memilih melakukan aktivitas fisik ringan. Misalnya, jalan kaki atau peregangan sederhana.

“Kita harus tahu dulu saat ini kita mampunya olahraga apa. Kalau olahraga yang cukup melelahkan, jangan dipaksakan,” ucap Laila.

www.tribunnews.com