JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Muhammadiyah 1 Solo Sabet Juara dalam Biology’s Of Islamic Competition se-Solo Raya

Istimewa
Istimewa

SOLO- Tim LCC dan satu siswa Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta meraih juara dalam ajang Biology’s Of Islamic Competition 2018 SD/MI se-Solo Raya yang diselenggarakan oleh HMP Pendidikan Biologi Biosfer FKIP UNS, dengan tema “Membangun Generasi Ihsan,Mewujudkan Karakter Islam”, Minggu (9/12/2018).

Tim terdiri dari Najwa Shafa Habiba, Maulana Arkan Atthariq, Wildan Haris Rasikh Karina yang menjadi Juara I lomba Cerdas Cermat PAI dan Carissa Marcheta Bianca Putri  Juara II Kaligrafi. SD Muh 1 mengirimkan 2 delegasi untuk mengikuti ajang kompetisi tersebut.

Menurut Waka Kesiswaan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Imam Priyanto, setiap peserta memiliki kelebihan, keunggulan dan potensi yang hebat.

Baca Juga :  Belum Bisa Direm, Total Positif Covid-19 Solo Jadi 609 Kasus

“Momentum bisa meraih prestasi ini, tentunya ada rasa bangga yang luar biasa,” ujarnya.

Imam menjelaskan, Carissa Marcheta Bianca Putri  siswa kelas VD meski tampak santai saat lomba tapi ia berkonsentrasi agar tepat waktu menyelesaikan kaligrafinya.

“Penilaian kategori lomba kaligrafi, seputar tentang ketrampilan kaidah tulisan, kebersihan dan keindahan tulisan, dan keserasian warna dengan materi Qs. Al Kahfi ayat 1 dengan jenis tulisan khat Naskhi,” terangnya.

Berbeda dengan Carissa, ujar Imam, wajah Najwa, Arkan, Wildan tampak tegang dalam LCC. “Pasalnya, lomba cerdas cermat dilakukan 2 babak, babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan, mengerjakan 50 butir yang terdiri 40 pilgan, dan 10 esai singkat selama 90 menit. Pada babak final diambil 3 regu, setiap regu diberikan 3 sesi, yaitu soal wajib terdiri 10 soal, sesi lemparan 10 soal dan sesi rebutan 15 soal, cukup seru ketika, sesi rebutan setiap soal benar diberi skor 100, dan jika salah – 50,” imbuhnya.

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring

Tapi ketegangan itu cair setelah siswa kami  dinobatkan jadi juara I dan II. “Sangat bangga dan senang, bisa ikut berkompetisi dengan teman-teman yang juga sangat hebat. Rasanya senang sekali, karena bisa mendapatkan pengalaman yang menarik,” ujar salah satu siswa Wildan, usai menerima penghargaan. Triawati PP