JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ternyata Seperti Ini Rincian Tugas Tim Pengawas Pilkades

Rakor Pilkades di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.
Rakor Pilkades di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.

SUKOHARJO-Salah satu pihak yang bakal sibuk dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Sukoharjo adalah tim pengawas Pilkades. Sejumlah tugas menanti kiprah tim yang bakal segera bertugas tersebut.

Hal itu terungkap saat digelar rapat koordinasi Pilkades Kecamatan Kartasura. Rakor dihadiri Camat Kartasura Suyatman, Danramil 06 Kartasura Kapten Inf Suroso, Kapolsek Kartasura AKP Sarwoko, ketua panitia dan pengawas Pilkades se- Kecamatan Kartasura, Sekcam Kartasura Sumardi.

Baca Juga :  Terus Naik Lur, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Mencapai 620, Pasien Meninggal Sudah 31 Orang

Sekcam Sumardi mengingatkan sejumlah tugas tim pengawas Pilkades di Desa. Di antaranya melaksanakan pengawasan dan pengendalian pemilihan kepala desa, melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran yang timbul dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

“Pada saat hari pelaksanaan tim pengawas Pilkades wajib menghadiri pemungutan suara,” ungkap dia, Rabu (5/12/2018).

Tim juga bertugas menginventarisasi adanya pelanggaran, keberatan dan aduan yang timbul di setiap tahapan pelaksanaan pilkades. Tim pengawas Pilkades juga memberikan saran pertimbangan kepada panitia pemilihan dan BPD, memberikan saran dan pertimbangan kepada tim pengawas pilkades di kecamatan terhadap pelanggaran keberatan dan aduan proses pilkades yang tidak mampu di selesaikan.

Baca Juga :  Warga Madyorejo Jetis Sukoharjo Kompak Nobar Film Pengkhianatan G30S PKI

“Tim juga melaporkan hasil pelaksanaan pengawasan pilkades kepada tim pengawas pilkades di kecamatan,” pungkas dia. Aris Arianto