JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Anisha Dasuki Merasa Tersanjung Dipilih Jadi Moderator Debat Capres dan ini Pengalamannya

Anisha Dasuki. Instagram
Anisha Dasuki. Instagram

JOGLOSEMARNEWS.COM – Akhirnya KPU memilih Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro sebagai moderator debat ke-2 calon presiden pada Minggu, 17 Febaruari 2019, mendatang. Keduanya merupakan pembawa acara program berita di korporasi media MNC Group.

Anisha Dasuki mengaku merasa tersanjung ketika pertama kali diberi tahu kalau Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih dia dan rekannya Tommy Tjokro. “Saya mempelajari tata cara, tema dan konten debat yang akan dibicarakan,” ujar Anisha saat dihubungi, Jumat (25/1/2019).

Anisha Dasuki adalah presenter di saluran iNews, dan ini bukan kali pertama dia menjadi moderator debat. Anisha Dasuki sudah empat kali memoderatori debat. Mulai debat Pilgub Nusa Tenggara Timur pada 2018, Pemilihan Bupati Morowali 2018, Debat Terbuka Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, dan Debat Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Baca Juga :  KPK Bakal Ungkap Nama Lain di Kasus Joko Tjandra dan Jaksa Pinangki

Ketika menjadi moderator debat publik pertama Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 10 April 2018, Anisha tampil bersama pembaca berita Alfito Deannova. Saat itu Anisha Dasuki tampil dengan kebaya berwarna pink, bawahan kain berwarna dasar hitam motif bunga-bunga pink, lengkap dengan kerudung berwarna senada. Sebagai pembawa acara, Anisha Dasuki tampil tenang dan artikulasi suaranya jelas.

Anisha Dasuki kembali tampil bersama Alfito Deannova ketika memandu debat publik Pemililhan Gubernur Jawa Barat pada 14 Mei 2018. Saat itu, penduduk Bogor, Jawa Barat itu, mengucap salam dalam bahasa Sunda dan tampil dengan memakai baju batik.

Momentum debat publik Pemililhan Gubernur Jawa Barat itu diwarnai kegaduhan karena salah satu pasangan calon membuat pernyataan sekaligus menunjukkan kaos bertuliskan “Ganti Presiden”. Kondisi sontak riuh. Anisha Dasuki dan Alfito Deannova berulang kali meminta penonton yang sebagian besar adalah pendukung setiap pasangan calon, agar tenang.

Baca Juga :  Joko Tjandra Janjikan USD 1 Juta untuk Jaksa Pinangki

Butuh beberapa menit untuk menenangkan penonton. Anisha Dasuki mengingatkan aturan main kalau debat tetap menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan. “Tayangan ini disiarkan ke seluruh Indonesia dan jangan sampai ini menjadi preseden buruk,” kata Anisha Dasuki.

Debat capres pada Februari nanti rencananya berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta. Debat bertema isu sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Debat tersebut akan disiarkan di stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews.

www.tempo.co