loading...
Taman Balekambang menambah wahana wisata baru keluarga berupa taman kelinci yang dibuka mulai Jumat (25/1/2019). Istimewa

SOLO– Taman Balekambang menambah wahana wisata baru keluarga yang dibuka mulai Jumat (25/1/2019). Wahana baru, Taman Kelinci dibuka sebagai tujuan wisata edukasi baru yang menyasar anak-anak.

Pengelola Taman Kelinci, Irwan Syahroni mengungkapkan, pembukaan Taman Kelinci di Taman Balekambang sudah direncanakan lama.

“Setelah proses panjang akhirnya terjadi perjanjian sewa antara Pemkot Surakarta dengan pengelola Taman Kelinci di Balekambang Surakarta. Surat perjanjian sewa tersebut ditandatangani pada tanggal 17 Januari 2019. Dan akan ada beberapa satwa yang dipelihara di Taman Kelinci, di antaranya kelinci, domba merino, dan kura kura. Untuk kelincinya berjumlah 80 ekor, 10 domba merino, dan ratusan ekor kura kura, serta biawak,” paparmya, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga :  Kodiklatau Tutup Sejurla Radar Darat Master T Angkatan 2

Sebagai tujuan wisata edukasi, lanjut Irwan, nantinya para pengunjung tidak hanya bisa melihat satwa di taman tersebut tetapi juga akan diajak untuk berinteraksi dengan hewan dengan didampingi petugas.

“Para petugas juga akan menerangkan jenis, cara merawat, dan mengembangbiakkan hewan yang berada di Taman Kelinci sehingga wisatawan dapat berekreasi sekaligus mendapat ilmu tentang memelihara binatang,” katanya.

Baca Juga :  Catat! Mulai 13 Januari Kota Solo Terapkan E-Tilang

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan mengatakan nantinya akan ada penjelasan mengenai seluruh satwa yang dipelihara di Taman Kelinci, di antaranya mengenai perkembangbiakannya dan penyakit yang mungkin ditularkan oleh binatang tersebut.

Loading...

“Keberadaan Taman Kelinci menggantikan Taman Reptil yang sebelumnya juga ada di Taman Balekambang Surakarta. Memang masih ada beberapa fasilitas yang perlu ditingkatkan pengelola taman di antaranya penambahan petunjuk tempat, pemeliharaan, dan deskripsi aset seperti patung sehingga pengunjung tidak kecewa usai mengunjungi taman kelinci. Setiap wisatawan yang akan mengunjungi Taman Kelinci akan dikenakan tiket dengan tarif Rp 5.000/pengunjung,” tukasnya. Triawati PP


Loading...