JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dana Sumbangan Kampanye PDI-P Paling Tinggi se Solo, PKS Nomor 2

Ilustrasi/Tribunnews
Tribunnews

SOLO– Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tercatat sebagai salah satu prrtai politik dengan dana kampanye tertinggi di Kota Solo. Hal itu berdasarkan Nilai Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. Tercatat jumlah sumbangan yang diterima PDI-P mencapai Rp 1.210.492.733.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti menyebutkan, tempat kedua setelah PDI-P, partai dengan penerima dana kampanye tinggi yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan jumlah sumbangan dana kampanye Rp 348.476.500, kemudian disusul Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nilai penerimaan sumbangan dana kampanye Rp 163.650.000. Di sisi lain, partai dengan nilai penerimaan sumbangan dana kampanye terendah adalah Partai NasDem Rp 5.320.000.

Baca Juga :  Hadirkan Paslon Gibran-Teguh dan Bagyo- Suparjo, Tokoh Lintas Agama di Solo Deklarasikan Pilkada Damai dan Sehat. Bawaslu Ingatkan Paslon dan Tim Sukses Kedepankan Protokol Kesehatan!

“Yang paling tinggi PDIP. Dan ada empat partai politik yang tidak menerima sumbangan dana kampanye yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Berkarya dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP),” ungkapnya, Kamis (3/1/2019).

Menurut Nurul, KPU hanya membuka kesempatan satu hari bagi parpol untuk melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye yaitu pada Rabu (2/1/2019) pukul 09.00 – 18.00 WIB. Dari kesempatan tersebut, sebanyak 14 parpol dari 16 parpol yang melaporkan LPSDK ke KPU.

Baca Juga :  Diawali Suara Tembakan, Polisi Bubarkan Seribuan Anggota PSHT yang Berkumpul di Plaza Manahan, 5 Orang Diamankan

“Partai Garuda dan PKPI di Solo tidak memiliki kepengurusan maupun sekretariat dan caleg pada Pemilu 2019. Jadi, hanya 14 parpol yang diterima KPU. Selain menerima LPSDN parpol, kami juga menerima LPSDK tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan 02 tingkat Kota Solo,” imbuhnya.

Dari data tersebut, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin tidak ada sumbangan dana kampanye. Sedangkan pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno sumbangan dana kampanye sebesar Rp 4.200.000. Triawati PP