JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Cara Mencegah Tanah Longsor Ala Warga Gempol Kayuloko Wonogiri

Pembuatan talut jalan Lingkungan Gempol, Kelurahan Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri.
Pembuatan talut jalan Lingkungan Gempol, Kelurahan Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri.

WONOGIRI-Warga Lingkungan Gempol RT 3 RW 2, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, saat ini tengah bersemangat membangun talut jalan kampung setempat.

Talut sengaja mereka bangun bukan tanpa sebab. Kondisi jalan berada pada tanah yang miring. Talut tersebut bertujuan mencegah terjadinya tanah longsor.

Baca Juga :  Woro-woro Sedulur Wonogiri, Kini Ada Pelayanan Cepat Terpadu Alias Yanpatdu di Polres Wonogiri, Ngurus SKCK Hingga Kehilangan Bisa Lebih Cepat dan Mudah

Anggota Koramil 17/Sidoharjo sebanyak enam orang, dipimpin Pelda Kahana bersama masyarakat Dusun Gempol sebanyak 15 orang yang diketuai oleh Ketua RW 2 Giatno, bahu-membahu dalam pembuatan talut jalan itu. Volume talut sepanjang 15 meter, tinggi 3,5 meter dan tebal 1 meter. Pembangunan menggunakan anggaran kas dusun dan swadaya dari masyarakat.

Baca Juga :  Nyawiji Masih Menjadi Perselisihan Josss dan Harjo, Lantas Bagaimana Langkah KPU Maupun Bawaslu Wonogiri Menyikapi Permasalahan ini?

“Pembuatan talut tersebut sangat penting. Karena sekarang ini sudah masuk musim penghujan, jadi bertujuan mencegah longsor yang dapat membahayakan warga dan pengguna jalan,” kata dia, Minggu (6/1/2019). Aris Arianto