JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

RSUI Kustati Kembali Layani Pasien BPJS

Triawati
Triawati

SOLO– Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Kustati Surakarta kembali dapat melayani pasien BOJS Kesehatan per Jumat (4/1/2019). Selain itu, kedua Rumah Sakit (RS) lain di wilayah Soloraya yang sempat diputus kerjasama dengan BPJS juga kembali bisa menerima pasien BPJS. Kedua RS tersebut yaitu RS Amal Sehat Sragen dan RS Amal Sehat Wonogiri.

Hal itu berlaku menyusul terbitnya surat dari Menteri Kesehatan perihal Perpanjangan Kerja Sama Rumah Sakit dengan BPJS. Dalam surat yang turun pada Jumat (4/1/2019) Kementerian Kesehatan merekomendasikan kepada 169 rumah sakit di Indonesia agar tetap melanjutkan kerja sama dengan BPJS, termasuk di dalamnya adalah tiga rumah sakit tersebut.

Baca Juga :  Polisi Komitmen Ungkap Kasus Penyerangan Anggota PSHT, Kapolresta Solo Beri Pesan Ini

“Dalam surat yang kami terima bernomor HK.03.01/Menkes/768/2018 tanggal 31 Desember 2018 perihal perpanjangan kerja sama rumah sakit dan BPJS, rumah sakit Amal Sehat juga masuk rumah sakit yang direkomendasikan,” urai Humas RS Amal Sehat Sragen, Tri Yoko, Sabtu (5/1/2019).

Kendati demikian, Tri Yoko belum dapat memastikan kapan pelayanan untuk pasien BPJS bisa dilakukan di RS Amal Sehat Sragen. Mengingat, untuk pelayanan pasien BPJS juga harus melalui pembahasan dan MoU dengan BPJS.

“Kami berharap Senin (7/1/2019) sudah bisa melayani pasien BPJS lagi, tetapi tentunya kami juga menunggu dari BPJS gimana,” katanya.

Hal senada diuraikan Bagian Sekretariat RSUI Kustati Solo, Marlia Wiji Utami. Marlia mengatakan, bahwa pihaknya juga sudah mendapatkan surat dari Menkes perihal rekomendasi perpanjangan kerja sama dengan BPJS.

Baca Juga :  Kekayaan Calon Wali Kota Solo, Bajo Total Rp 1,9 M Sedangkan Gibran Rp 21 M, Ada Motor Honda CB Tahun 1974, Ini Rinciannya

“Tapi sekarang bolanya di BPJS, kami belum bisa memastikan kapan bisa mulai melayani pasien BPJS. Kami masih menunggu dari BPJS,” paparnya.

Di sisi lain, Kepala BPJS Solo, Agus Purwono mengatakan, pihaknya secepatnya akan mengundang tiga rumah sakit yang sempat berhenti bekerja sama dengan BPJS diantaranya RSUI Kustati, RS Amal Sehat Sragen dan RS Amal Sehat Wonogiri.

“Senin akan kami undang untuk kerja sama ini, dan Senin itu pulang pelayanan untuk pasien BPJS sudah bisa langsung dilakukan,” pungkasnya. Triawati PP