JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jangan Buru-buru ke Rumah Sakit. Ini Cara Menangani Anak yang Terserang Diare

Posyandu balita di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.
Posyandu balita di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

WONOGIRI-Orang tua mana yang tidak sedih ketika buah hatinya terserang penyakit seperti diare. Sejumlah cara kemudian dilakukan supaya sang anak segera terbebas dari penyakitnya itu.

Namun yang pasti, menghadapi anak yang tengah diare, harus tidak panik. Bidan UPTD Puskesmas Pracimantoro 1 Sri Pancawati mengungkapkan hal itu, kepada puluhan ibu di Dusun Karanglo Kulon Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro.

Dia menjelaskan tentang penyakit diare yang biasa dialami oleh balita Sebagian besar kasus pada balita yang mengalami diare akut disebabkan oleh virus.

“Apa yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama ketika anak diare? Tidak perlu panik dan tidak perlu tergesa-gesa membawanya ke rumah sakit,” kata dia, Senin (14/1/2019).

Baca Juga :  Kasus Pertama Ada Bayi Positif COVID-19 di Wonogiri, Tertular Dari Ibunya yang Juga Terpapar Virus Corona

Pengobatan difokuskan pada dehidrasi dengan memberi cairan dan elektrolit untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jika anak masih menyusui, maka terus berikan ASI padanya. ASI harus diberikan lebih sering dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang ketika anak diare. Bila anak sudah tidak lagi menyusui, berikan asupan bernutrisi untuknya.

Air adalah pengganti cairan yang baik, tetapi tidak mengandung garam dan elektrolit, sehingga memberikan cairan berupa air saja tidak cukup. Ibu-ibu dapat membantu menjaga kadar elektrolit dalam tubuh anak yang sedang diare dengan memberikan makanan bernutrisi berupa sup untuk sodium dan jus untuk kaliumdan. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare, ibu-ibu juga dapat memberikan larutan gula dan garam yang mudah dibuat di rumah.

Baca Juga :  Jangan Ngeyel Lur Keluar Rumah Wajib Pakai Masker, Jangan Seperti 3 Warga yang Terjaring Razia Masker di Kecamatan Puhpelem Wonogiri ini

“Caranya, larutkan satu liter air dengan enam sendok teh gula yang dicampur dengan setengah sendok teh garam dan juga bisa memberikan larutan oralit yang siap pakai yang sangat mudah untuk didapatkan. Berikan larutan ini setiap kali anak buang air besar,” terang dia. Aris Arianto