JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Lamaran Ditolak Mentah-Mentah, 2 Sejoli Kompak Aksi Bakar Diri Sampai Tewas

teras.id
teras.id

AMBON– Aksi nekat dilakukan dua sejoli di Maluku. Gegara lamaran kawin ditolak, pilihannya bakar diri bersama wanita pujaannya.

Itu yang dilakukan La Johar,  34 tahun. La Johar membakar diri bersama kekasihnya, Samnia Kalidupa, 37 tahun di dalam kamar kekasihnya, Dusun Wanat Negeri Hitumessing Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, Jumat (28/12/2018) dini hari. Keduanya ditemukan   tak bernyawa dalam kondisi hangus terbakar.

La Johar adalah seorang  petani, beralamat di kawasan  Galunggung Kecamatan  Sirimau Kota Ambon.  Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy mengungkapkan berdasarkan keterangan keluarga korban, Muhamad Ridwan, 22 tahun, sebelum membakar diri, La Johar mendatangi rumah Samnia di Dusun Wanat.

Ridwan yang  saat itu tidur di dalam rumah korban Samnia, sekitar pukul 01.00 WIT dibangunkan  La Johar dengan ancaman menggunakan alat sajam.

Baca Juga :  Sampai 17 September, Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Mencapai 26 Juta Orang

“Saudara La Johar mengancam saksi  dengan menancapkan pisau ke perut saksi, sambil berkata jangan kamu ribut atau saya bunuh kamu. Pada saat itu saksi melihat  La Johar membawa bensin yang diisi di dalam botol air mineral  sebanyak enam botol,” kata Kapolsek.

Setelah itu lanjut Kapolsek, La Johar langsung menendang pintu kamar kekasihnya, Samnia  dan  masuk ke dalam kamar. Melihat hal itu saksi langsung melarikan diri keluar rumah dan melaporkan aksi Johar ini sejumlah warga Dusun Wanat.

Setelah melaporkan peristiwa  tersebut, saksi bersama sejumlah warga mendatangi lokasi kejadian perkara.  Namun mereka melihat kobaran api dari kamar korban.

Warga berupaya memandamkan kebakaran namun kobaran api begitu cepat sehingga sulit dipadamkan. Api baru bisa dipadamkan warga sekitar satu jam kemudian.

Baca Juga :  Status Positif Covid-19 pada Paslon Peserta Pilkada Serentak 2020 Bakal Pengaruhi Nomor Urut, Bisa Dapat Nomor Urut Sisa atau Terakhir

“Saat api berhasil dipadamkan, warga melihat ada dua jenazah hangus terbakar yang  tergeletak di dalam kamar milik korban Samnia,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, saat peristiwa terjadi korban Samnia tertidur. Kapolsek mengatakan aksi nekat La Johar ini karena keinginan untuk menikahi Samnia selalu ditolak.

Berdasarkan keterangan saksi, pelaku sering  datang ke rumah korban untuk  melamarnya agar dinikahi. Namun korban selalu menolak permintaan pelaku.

“Motif pembakaran rumah karena pelaku sakit hati kepada korban yang menolak beberapa kali lamarannya,” kata Kapolsek. Selain menewaskan sepasang kekasih, aksi La Johar ini juga menyebabkan rumah tersebut hangus terbakar.

www.teras.id