JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tak Benar WA Bagi-bagi Kuota Gratis. Itu Hoaks!

Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA– Aksi tipu-tipu melalui berita hoaks muncul lagi. Kali ini, nama  aplikasi WhatsApp yang jadi sasaran dicatut. Belum lama beredar pesan bahwa aplikasi WhatsApp  itu merayakan ulang tahun ke-10 dan bagi-bagi kuota gratis sebanyak 35 gigabita (GB).

Namun syaratnya, pengguna harus masuk ke sebuah laman lebih dulu. Bunyi pesan  yang beredar di WhatsApp itu seperti ini: “WhatsApp Ulang Tahun ke 10: Dapatkan 35 GB internet gratis untuk operator seluler Anda untuk digunakan dalam 6 bulan. Minta sekarang di https://fitedetox.club/id-35gb”.

Saat dikonfirmasi, pihak WhatsApp memberikan dengan tegas mengatakan bahwa informasi yang beredar itu bohong. “Itu hoaks, enggak ada sama sekali,” ujar juru bicara hatsApp, saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (25/1/2019).

Baca Juga :  Nama Jaksa Agung dan Mantan Ketua MA Hatta Ali Muncul dalam Dakwaan Jaksa Pinangki

“Waspada terhadap link broadcast seperti itu. Pengguna harus teliti terhadap setiap link yang dicantumkan.”

Menurut WhatsApp, jika link resmi, baik dari WhatsApp atau aplikasi milik Facebook, akan dicantumkan menggunakan nama setiap aplikasinya.

“Kalau resmi dari kami, linknya pasti link kita juga, semisalnya facebook.com atau whatsapp.com,” kata WhatsApp.

Sebelumnya, sebuah pesan juga beredar yang menyatakan bahwa WhatsApp akan dikenakan biaya setelah diakuisisi oleh Facebook dan pesan tersebut menyertakan berita Tempo.co yang ditulis pada 2014. Pesan palsu itu sudah beredar lama, namun terus muncul hingga saat ini.

Baca Juga :  Korban Lapindo Sambut Baik Rencana PUPR Ajukan Usulan Rp 1,5 T untuk Ganti Rugi

“Kelihatan kalau pesannya tidak benar. Sebenarnya dari peredaran pesan yang sudah lama itu dan sampai hari ini tidak ada perubahan di aplikasi WhatsApp,” ujar Lead Communication Facebook Indonesia Putri Dewanti saat dihubungi melalui pesan singkat, 3 April 2018.

Dalam pesan tersebut pengguna diminta untuk menyebarkan pesan kepada 10 pengguna lainnya. Dan setelah itu logo WhatsApp akan berubah warna menjadi biru dan layanannya gratis. Jika tidak, pengguna harus menanggung biaya sebesar 0,01 Euro (Rp 170) per pesan.

www.tempo.co