JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Tragis, Pohon Cemara Gaek di Jalur Karanganyar Mendadak Tumbang dan Timpa 2 Pemotor. Seorang Satpam dan Satu Wanita Jadi Korban 

Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon cemara yang tumbang di jalur protokol Karanganyar dan menimpa dua pemotor. Foto/Wardoyo
Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon cemara yang tumbang di jalur protokol Karanganyar dan menimpa dua pemotor. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Insiden tragis terjadi di Jalur Solo-Tawangmangu, Rabu (2/1/2019) siang. Dua orang pengendara sepeda motor yang sedang melintas di Jalan Solo-Tawangmangu, tepatnya di depan pom bensin Triyagan, mengalami nasib naas setelah tertimpa pohon cemara yang ambruk.

Kedua pemotor itu masing-masing bernama Tulus Budiyarto Saputro (36) warga Karan RT 004 Rw 010, Gayamdompo Karanganyar serta  Yeti Yuliana (34) warga Dukuh Celungan RT 001 RW 005 Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Mereka terpaksa dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah dan RS Jati Husada Karanganyar.

Tulus yang diketahui berprofesi Satpam, mengalami nyeri dibahu bagian kiri serta mengalami luka lecet di dagu, sedangkan Yeti, mengalami lecet di bagian kaki dan  kram perut.

Tumbangya pohon yang telah dimakan usia ini, membuat  jalan utama menuju kota Karanganyar tersebut mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Aparat kepolisian dari Polsek Jaten serta BPBD Karanganyar yang tiba dilokasi sesaat  setelah kejadian, langsung melakukan pemotongan pohon yang melintang di tengah jalan.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Pabrik Plastik di Sroyo Jaten Karanganyar. Karyawan dan Warga Panik Berhamburan, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Ratno (55) salah satu warga sekitar, menuturkan, tumbangnya pohon cemara yang berada di pinggir jalan tersebut sangat cepat. Dua pengendara sepeda motor yang sedang melintas, langsung tertimpa pohon.

“ Kejadiannya sangat cepat mas. Sebelumnya memang ada angin, tapi tidak kencang. Tiba-tiba saja pohon tumbang dan langsung menimpa dua pengendara sepeda motor yang sedang melintas,” kata Ratno, Rabu (02/01/2019).

Menurut Ratno, mengetahui dua pengendara sepeda motor tertimpa, warga langsung memberikan pertolongan dan membawa kedua korban ke rumah sakit.

Sementara Tulus Budiyarto Saputro, salah satu korban yang menjalani perawatan di RS Jati Husada, mengatakan saat itu dia akan berangkat kerja sebagai petugas keamanan di Solo. Saat melintas di lokasi, tiba-tiba pohon ambruk dan langsung menimpa bahu kirinya.

“ Saat melintas, tiba-tiba pohon ambruk dan menimpa saya,” ujarnya  saat menjalani perawatan di RS Jati Husada.

Baca Juga :  Gudang Kayu di Tasikmadu Terbakar, Diduga Konsleting dari Pompa Air

Wakapolsek Jaten, Iptu Maryadi, mengatakan, kedua pengendara yang tertimpa pohon tersebut, melaju dari arah Karanganyar (Timur) menuju kearah kota Solo (Barat). Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba pohon tumbang dan menimpa keduanya.

“ Pohon yang tumbang tersebut sudah tua dan layak di tebang. Kedua korban saat ini menjalani perawatan di rumah sakit,” ujar Iptu Maryadi.

Sementara itu, Camat Jaten, Aji Pratama Heru, meminta dinas terkait  segera melakukan inventarisasi terhadap pohon yang berada di sepanjang jalan raya Solo-Tawangmangu, tepatnya di kecamatan jaten. Menurut Heru, pohon yang berada disisi kiri dan kana jalan, sebagian besar sudah tua dan harus segera ditebang.

“ Kepada dinas terkait segera saja lakukan inventarisasi terhadap pohon yang ada di sepanjang jalan Raya Solo-Tawangmangu ini. Kalau memang sudah tua, segera ditebang. Karena sangat membahayakan pengguna jalan,” kata dia. Wardoyo