JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Imlek 2019 Solo, Warga Serbu Baju Cheongsam

Triawati
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Triawati

SOLO– Euforia peringatan Tahun Baru Imlek 2019 sangat kental di Kota Solo. Selain ribuan lampion yang dipasang di kawasan Pasar Gedhe selama satu bulan penuh, warga juga berburu baju khas Tionghoa sebagai pelengkap perayaan Imlek.

Seperti yang terlihat di kawasan toko pakaian di Pasar Gedhe, Senin (4/1/2019). Sejumlah warga tampak memilih baju cheongsam yang akan mereka beli. Tidak hanya pakaian cheongsam, baju changsan pun menjadi sasaran sebagai pelengkap perayaan Imlek yang diperingati Selasa (5/2/2019).

Seperti yang dilakukan seorang warga Kecamatan Serengan, Ningsih (34). Bersama anak perempuannya, ibu beranak dua tersebut terlihat memilih baju cheongsam untuk buah hatinya.

Baca Juga :  Solo Hebat Dukung Gibran-Teguh, Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Pilkada Solo dengan Asik dan Gembira

“Tidak setiap tahun membelinya, kebetulan tahun ini anaknya minta dibeliin. Kemarin habis lihat Grebeg Sudiro, jadi anaknya pengen beli baju merah-merah khas tionghoa,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu penjaga toko, Nanik mengatakan, tokonya memajang dan menyediakan baju cheongsam dan changsam dengan berbagai ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki dan perempuan. Diakuinya, perayaan imlek sedikit banyak berpengaruh pada naiknya permintaan baju khas tionghoa tersebut.

Baca Juga :  Sah, Golkar Resmi Usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

“Ada peningkatan meski tidak banyak, dibandingkan dengan hari biasa. Biasanya yang membeli untuk menghadiri acara-acara tertentu khususnya memperingati imlek. Untuk karakter bajunya kali ini menyesuaikan tahunnya yakni babi tanah,” tukasnya.

Sedangkan soal harga, baju cheongsam dibanderol dengan harga bervariasi mulai dari Rp 120 ribu hingga Rp 350 ribu untuk baju laki-laki, Rp 120 ribu hingga Rp 200 ribu untuk baju perempuan dan Rp 85 ribu hingga Rp 120 ribu untuk baju anak-anak. Triawati PP