JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini 2 Jurus Serangan Jokowi di Debat Capres Kedua

debat
Ilustrasi/tempo.co
   
debat
Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Dua serangan Capres inkumben, Jokowi dilancarkan atas lawannya, Prabowo Subianto.
Serangan itu dilontarkan saat Debat Capres tahap kedua di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Debat mengusung tema energi, infrastruktur, sumber daya alam, pangan, dan lingkungan hidup. Ini dua serangan Jokowu tersebut.

1. Penguasaan Tanah oleh Prabowo

Serangan soal ini terjadi pada segmen ketiga debat capres. Awalnya adalah Prabowo yang mempertanyakan pembagian sertifikat tanah selama era pemerintahan Jokowi. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Jokowi memang telah membagikan 5 juta sertifikat tanah kepada warga.

Prabowo menyatakan tidak setuju dengan sikap pemerintahan Jokowi membagikan sertifikat tanah tersebut. Menurut Prabowo, pembagian sertifikat itu merupakan hal yang sia-sia karena jumlah rakyat semakin banyak, sedangkan jumlah tanah tak bertambah.

Menjawab pertanyaan ini Jokowi menyebutkan bahwa Prabowo memiliki lahan seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh. Jokowi pun mengisyaratkan kepemilikan tanah Prabowo tersebut terjadi pada masa pemerintahan yang lalu. “Hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya,” katanya.

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

Di segmen terakhir Prabowo mengklarifikasi bahwa tanah seluas itu berstatus HGU (Hak Guna Usaha).

Pernyataan Jokowi itu dinilai provokatif oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandiaga. Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso menyesalkan Jokowi menyinggung soal tanah Prabowo. Ia mengatakan serangan ini menyinggung ranah personal Prabowo.

Jokowi berpendapat pernyataannya sama sekali tidak menyangkut ranah personal Prabowo. “Yang personal itu kalau menyangkut rumah tangga, menyangkut anak istri. Tidaklah… tak ada menyerang personal,” kata Jokowi seusai debat.

2. Pertanyaan Soal Unicorn

Dalam debat segmen kelima Jokowi bertanya tentang strategi Prabowo dalam mendukung kemajuan unicorn di Indonesia. “Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia,” tanya Jokowi saat debat di Hotel Sultan, Jakarta.

Prabowo tampak kebingungan dengan istilah unicorn saat ditanya oleh Jokowi. Mendengar pertanyaan Jokowi itu, Prabowo balik bertanya. “Yang Bapak maksud unicorn, maksudnya yang apa itu, yang online-online itu,” katanya. Mendengar ucapan Prabowo, Jokowi hanya mengangguk-angguk saja.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Unicorn yang dimaksud Jokowi merupakan sebutan bagi start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas US$ 1 miliar atau setara Rp 14,1 triliun (kurs Rp 14.100 per dollar AS). Indonesia saat ini telah memiliki empat unicorn, yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Akibat kebingungan Prabowo atas istilah unicorn ini, kini tersiar banyak meme atau foto-foto parodi soal ini di media sosial. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan kebijakan infrastruktur unicorn jadi penilaian yang penting bagi pemilih milenial.

“(Unicorn) Ini menjadi penilaian yang sangat penting bagi generasi muda kita. Bagi generasi milenial, bahwa pemimpin yang memperjuangkan generasi muda Indonesia, pemahaman terhadap teknologi informasi dalam kebijakannya, itu sangat penting,” ujar Hasto, Minggu (17/2/2019). #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com