JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Tak Pernah Mempersoalkan Tanah HGU Prabowo di Kalimantan dan Aceh

jokowi
Ilustrasi
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ucapan capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan kepemilikan lahan HGU Prabowo di Kalimantan dan Aceh ternyata bergulir panjang.

Terkait dengan halitu, Jokowi menanggapinya dengan santai. Ia menyatakan tidak pernah mempermasalahkan hak lahan Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 02.

“Memang tidak ada masalah, apa saya pernah bilang masalah? enggak kok,” kata Jokowi usai pengarahan kepada saksi untuk TPS di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu (21/2/2019) malam.

Jokowi menyatakan hal itu ketika dimintai konfirmasinya atas pernyataan Jusuf Kalla bahwa tanah Prabowo tidak ada masalah. Jokowi mengatakan bahwa pernyataannya itu sebagai tanggapan atas pernyataan yang disampaikan Prabowo bahwa pembagian sertifikat tanah itu tidak bermanfaat karena nanti tanah akan habis.

Baca Juga :  Ini Makna Logo HUT Ke-75 RI yang Berbentuk Perisai, Punya Tema Besar Indonesia Maju

Ia mengatakan hanya menyampaikan bahwa ada kepemilikan lahan sejumlah itu.

“Saya hanya menyampaikan bahwa ada kepemilikan sejumlah itu, gak memasalahkan itu ilegal atau itu enggak, gak ada, jangan ditarik ke mana-mana,” katanya.

Jokowi menyebutkan pada masa pemerintahannya, lahan didistribusikan melalui perhutanan sosial.

Baca Juga :  Kasus Obat Herbal Covid-19, Akhirnya Hadi Pranoto Laporkan Muannas Alaidid ke Polisi

“Sudah saya sampaikan, kan ada di perhutanan sosial, ada yang kita beri satu hektare, ada masyarakat adat ulayat 800 hektare, 2.000 hektare, itu kecil kecil memang, ada yang dua hektare, memang kecil- kecil,” kata dia.

Persoalan lahan Prabowo Subianto menjadi isu yang hangat setelah sebelumnya disebut Jokowi dalam debat capres kedua, Minggu (17/2/2019). Jokowi yang menjadi capres nomor 01 menyindir Prabowo, capres nomor 2 memiliki lahan seluas 340 ribu hektare di Aceh dan Kalimantan Timur.

www.tempo.co