Beranda Umum Nasional Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Belasan Kapal dilalap si Jago Merah

Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Belasan Kapal dilalap si Jago Merah

0
Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Belasan Kapal dilalap si Jago Merah
Kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019). TribunJakarta/Afriyani Garnis
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019). TribunJakarta/Afriyani Garnis

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019). Api membakar belasan kapal yang sandar di Pelabuhan Muara Baru tersebut.

Akibat dari kebakaran kapal di utara Jakarta tersebut, dua perempuan dilarikan ke Rumah Sakit Atma Jaya Pluit, Jakarta Utara. Keduanya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas. Jadi jumlah korban kebakaran kapal di Jakarta sampai saat ini dua orang.

“Ada dua orang perempuan pegawai PT KMC yang kami evakuasi karena mengalami sesak nafas, itu karena faktor asap,” kata staf Bagian Farmasi dan Epidemiologi, Kesehatan Muara Baru, Jakarta Sutri Agung, Sabtu (23/2/2019).

Pantauan Warta Kota kondisi dilapangan memang menimbulkan kepulan asap tebal hitam, bahkan kondisi angin yang cukup kencang membuat asap menerjang ke beberapa ke rumunan warga termasuk para pegawai yang tak jauh dari lokasi.

Sementara itu beberapa pegawai yang bekerja tak jauh dari lokasi kapal terbakar juga terpaksa di evakuasi ke luar gedung.

Mereka nampak berjejer di pinggir jalan, sementara pihak kepolisian juga berupaya mesterilidadi lokasi agar warga tidak mendekat.

Baca Juga :  Kemendikbud Stop Simulasi Belajar Tatap Muka di 6 Sekolah di Bekasi

Meski begitu proses pemadaman masih terus berlangsung dan api masih menyala membakar beberapa kapal milik nelayan yang bersandar di Muara Baru.

Karyawan Dievakuasi

Kebakaran Kapal di Muara Baru membuat sebagian karyawan yang bekerja tak jauh dari lokasi kebakaran terpaksa di evakuasi keluar gedung.

Pasalnya angin kencang membuat asap mengepul hitam dan membuat sekitar lokasi pekat asap.

Bahkan insiden tersebut juga membuat dua karyawan terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat sesak nafas.

Salah satu karyawan Karya Mandiri Citramina (KMC) perusahaan ikan tuna, Supriadi (25) mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30.

Ketika itu ia yang tengah bekerja untuk packing ikan tuna kaget mendengar suara ledakan dahsyat.

Namun karena dirinya berada di dalam ruangan ia tak menghiraukan hal itu.

Beberapa karyawan lain juga akhirnya melanjutkan pekerjaannya.

Foto udara kebakaran kapal di Muara Baru. (Warta Kota/Alex Suban)
“Ledakan dengar itu dua kali, tapi yang sekali itu kenceng banget, tapi kita belum tahu yang meledak apa saat itu,” kata Supriadi, Sabtu (23/2/2019).

Baca Juga :  49 Pegawai Kementerian Kesehatan Positif Covid-19, Sebagian Dirawat di RS, Sebagian Isolasi Mandiri

Kurang lebih sekitar 15 menit setelah ledakan, ia kembali dikejutkan dengan adanya informasi jika terdapat kepal yang terbakar.

Saat itu karyawan pun langsung di evakuasi keluar karena kapal yang terbakar sudah menjalar ke bibir tanggul pantai.

“Itu pas saya liat udah di pinggir, info yang saya dapat itu dari tengah, nah karena angin kenceng makannya nyamber ke kapal-kapal lain, itu yang meledak kayaknya gak soalnya ledakannya itu berselang lama, dari ledakan satu kedua, jadi kebakar dulu kapalnya baru bunyi ledakan,” katanya.

Sementara itu karyawan lainnya, Indra (21) mengatakan, setelah kebakaran kapal membesar, karyawan langsung dievakuasi ke luar gedung.

Saat itu pula listrik di lokasi ia bekerja padam dan membuat karyawan panik.

Apalagi mulai ada asap yang masuk ke tempatnya bekerja.

“Pokoknya itu listrik mati, langsung dievakuasi semua, takutnya juga mas, itu api gede, apalagi deket kerjaan kan,” ujarnya.

Hingga pukul 18.30 api masih terlihat membakar beberapa kapal, meski begitu proses pemadaman masih di lakukan, sementara kondisi cuaca disekitar lokasi nampak gerimis.

www.tribunnews.com