loading...
Loading...
Suasana perhitungan suara di Pilkades Macanan, Kebakkramat, Karanganyar yang berlangsung sengit dan sempat terjadi hasil imbang. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Ajang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 145 desa di Karanganyar Rabu (20/2/2019) telah usai. Dari 145 desa yang menggelar Pilkades dalam satu waktu itu, menyajikan sebuah fenomena unik di Desa Macanan.

Di desa yang masuk wilayah Kecamatan Kebakkramat itu barangkali bisa dinobatkan jadi Pilkades paling dramatis sepanjang sejarah Pilkades. Betapa tidak, dari empat calon yang berlaga, dua calon paling kuat, ternyata hasil perhitungan akhirnya meraih perolehan suara yang sama persis.

Pantauan di lapangan, Pilkades di Desa Macanan memang berlangsung cukup menghangat. Aroma persaingan antar kedua calon yang diunggulkan, Edi Karyanto dan Sutrisno sama-sama sengit sejak awal.

Bahkan hingga H-1 jelang coblosan, prediksi pemenang masih saling menyusul di antara kedua nama itu. Prediksi itu pun tak meleset.

Baca Juga :  Kerahkan 800 Personel, Kapolres Karanganyar Tegaskan Simpatisan Tak Tertib Berkendara Saat Kampanye Bakal Ditindak Tegas! 

Usai dilakukan pencoblosan, sesi perhitungan suara menjadi momen paling mendebarkan.

Satu persatu perolehan suara Edi dan Sutrisno saling susul. Celakanya, hingga suara terakhir dibuka, ternyata hasil akhirnya dua calon itu meraih suara sama kuat yakni 1.311 suara.

Panitia pun sempat cemas, secemas para pendukung kedua calon yang berharap jagonya bisa menang.

Namun situasi ketegangan akhirnya tercairkan. Karena memiliki angka sama, selanjutnya panitia akan memutuskan pemenang dengan mendasarkan Perbup Karanganyar NO 66/2018 tentang Kepala Desa.

Yakni bila perolehan suara sah terbanyak sama, maka dicari kemenangan berdasarkan sebaran terluas.

Atas ketentuan itu, selanjutnya panitia pemilihan kembali mendata atau memilah perolehan suara kedua calon berdasarkan sebaran di tiap dusun. Hasilnya kemudian dikomparasikan untuk mencari siapa yang sebaran kemenangannya lebih unggul.

Baca Juga :  Situasi Sumberejo Karanganyar Kembali Memanas. Selisih Tipis dan Kantongi Bukti Kecurangan, Calon Kades Kalah Resmi Gugat ke PTUN 

Drama perhitungan sebaran itu akhirnya menempatkan Edi Karyanto sebagai pemenang setelah meraih keunggulan di tiga dusun. Sementara rivalnya, Sutrisno hanya menang di dua dusun.

Sehingga panitia akhirnya menetapkan Edi sebagai calon Kades terpilih. Setelah diumumkan, baik saksi maupun tim sukses Kades terpilih langsung melakukan sujud syukur di lokasi pemilihan.

Ancaman kekisruhan dan geger yang sempat dikhawatirkan, tak terjadi. Dengan pengawalan ketat aparat, proses perhitungan hingga penetapan Kades terpilih di Macanan bisa berlangsung tertib.

Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan khusus untuk kasus di Pilkades Macanan, sesuai ketentuan karena terjadi suara terbanyak sama antara dua calon, maka dicari pemilik kemenangan dengan sebaran terluas.

Baca Juga :  Ini Isi WA Perangkat Desa Sumberejo Karanganyar Yang Dinilai Menghina Warga dan Berujung Pengarakan serta Laporan Polisi. Ada Ajakan Pilih Pak Topo 

“Artinya siapa yang menang di dusun terbanyak. Di Macanan ada lima dusun, nomor urut satu unggul di tiga dusun sedang nomor tiga unggul di dua dusun.  Sehingga yang menang adalah nomor satu,” tandasnya. Wardoyo

 


Loading...