JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pilkades Serentak Karanganyar, Ratusan Ribu Warga di 145 Desa Salurkan Hak Pilihnya

Suasana antrian pencoblosan Pilkades Serentak di Karanganyar Rabu (20/2/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Suasana antrian pencoblosan Pilkades Serentak di Karanganyar Rabu (20/2/2019). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Ratusan ribu warga Karanganyar yang berada di 145 desa, berbondong-bondong menggunakan hak suaranya dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dilaksanakan pada hari Rabu (20/02/2019).

Antusiasme warga  untuk menggunakan hak suaranya, cukup tinggi. Warga mulai mendatangi tempat pemungutan suara sejak ukul 07.30 Wib.  Warga berjubel ingin memberikan suara mereka pada calon kades yang akan dipilih. Pencoblosan dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 13.00 WIB dengan dilanjutkan dengan penghitungan surat suara.

Baca Juga :  Bupati Karanganyar Wacanakan KBM Tatap Muka, DPRD Usul Diformat Pakai Modul. Kadisdik Sebut Baru Rumuskan Format Pembelajaran

Berdasarkan pantauan di sejumlah desa, seperti  di desa Jaten, Desa Ngringo, Desa Brujul  Kecamatan Jaten, Desa Nangsri Kecamatan Kebakramat serta Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu warga harus rela antri berjam-jam untuk memberikan suara kepada calon kepala desa yang didukung.

Panitia juga sempat kewalahan dan membagi dua pintu masuk, separuh di lewatkan dari pintu barat, separuh lagi dilewatkan pintu timur.

Baca Juga :  Terus Melaju, Kasus Covid-19 Karanganyar Capai 194 Positif, Suspek 1.601, 156 Sembuh dan 46 Meninggal Dunia

‘’Kalau tidak begitu, bisa membludak karena antusiasnya warga. Kesadaran yang tinggi ini karena warga merasa bersinggungan langsung dengan pilkades ini sehingga datang untuk memberikan suara,’’ kata Haryanto, salah satu panitia pilkades Desa Jaten, Rabu (20/02/2019).

Hal yang sama juga terjadi di Desa Brujul dan Desa Nangsri. Warga juga terlihat antri untuk memberikan hak suaranya. Bahkan di Desa Brujul, antrian terlihat hingga ke jalan raya. Wardoyo