JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Politeknik Indonusa Surakarta Gelar Kompetisi Farmasi se- Jawa

Insonusa
Dok Politeknik Indonusa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Insonusa
Dok Politeknik Indonusa

SOLO, Joglosemarnews –  Himpunan Mahasiswa Farmasi Politeknik Indonusa Surakarta menggelar Pharmaceutica Competition of Politeknik Indonusa ( Pharcolosa 2019 ) tingkat SMK se-Jawa,
Kamis (14/2/2019,).

Melalui rilis ke Joglosemarnews, Humas Politeknik Indonusa, Eni Lestari menyatakan, hasil dari kompetisi yang mengusung tema Optimalisasi Farmasi untuk Negeri itu, diharapkan mampu meningkatkan skill farmasi di tingkat siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan.

Kegiatan lomba tersebut dibuuka oleh Direktur Politeknik Indonusa Surakarta Ir. Suci Purwandari, MM.

Dalam sambutannya Direktur Politeknik Indonusa memberikan apresiasi yang tinggi bagi peserta dan bapak ibu guru pendamping yang sejak pagi sudah hadir di kampus 2 Politeknik Indonusa Surakarta.

“Selamat berkompetisi dan  bawalah piala kemenangan untuk SMK kalian,” ujarnya memberikan motivasi.

Lomba Farmasi ini diikuti oleh 48 siswa baik kelas 10 maupun kelas 11 yang berasal dari daerah Cilacap, Gunungkidul Yogyakarta, Pati, Magelang, Sragen, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo, dan Solo.

Baca Juga :  Ikuti KKN, Mahasiswa Unisri Surakarta Sosialisasikan UU ITE

Dijelaskan Eni, kompetisi Farmasi ini dibagi menjadi 3 tahapan tes, yang harus dilalui peserta. Yang pertama yaitu tes tertulis bidang farmasi dan kesehatan, peserta diberi waktu untuk mengerjakan soal yang sudah dipersiapan oleh panitia dengan menjawab pada lembar jawab yang sudah disediakan.

Kedua yaitu tahap praktikum ilmu resep, peserta masuk laboratorium untuk membuat persediaan obat ataupun resep sesuai dengan instruksi yang di berikan oleh panitia. Dan yang terakhir yaitu lomba cerdas cermat.

Juara 1 di raih oleh siswa dari SMK Citra Medika Sragen, sedangkan Juara 2 diraih oleh SMK Muhamadiyah Bandongan Magelang dan Juara 3 di raih oleh siswi SMK Bintang Nusantara Karanganyar.

Baca Juga :  SMPN 8 Surakarta Dipantau Relawan Covid-19

Para pemenang dalam Pharmaceutica Competition ini mendapatkan uang pembinaan, sertifikat, serta piala kejuaraan.

Dalam kesempatan ini penyerahan hadiah dilakukan oleh Wakil Direktur 3 Edy Susanto, M.Kom selain itu dari Pihak Humas juga memberikan Beasiswa kepada para juara untuk studi lanjut di D3 Farmasi Politeknik Indonusa Surakarta.

Karena saat ini siswa SMK Farmasi harus melanjutkan Studi ke jenjang berikutnya minimal D3 untuk mendapatkan STRTK ( surat tanda registrasi tenaga kefarmasian ).

“Tanpa STRTK mereka ibarat Pengendara tanpa SIM. Diharapkan dengan beasiswa ini dapat membantu siswa siswi yang tidak mampu secara ekonomi untuk tetap bisa melanjutkan studinya,” jelasnya. suhamdani