JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Kinerja Polri 2018, Kepuasan dan Kepercayaan Masyarakat di Luar Jawa Meningkat Tajam. Polres Sragen Polda Jateng Buat Kejutan Masuk 10 Besar Tingkat Kepuasan 

Daftar 44 Polres dengan tingkat kepuasan tertinggi dari masyarakat di 2018 versi Markplus. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Daftar 44 Polres dengan tingkat kepuasan tertinggi dari masyarakat di 2018 versi Markplus. Foto/Wardoyo

JAKARTA- Gencarnya reformasi di bidang pelayanan dan kinerja Polri, rupanya berbuah manis. Perusahaan riset Markplus Insight merilis indeks kepercayaan publik terhadap institusi Polri meningkat tajam dan mulai mendekati kata memuaskan.

Hasil survey menunjukkan warga di luar Pulau Jawa mulai dominan lebih percaya pada polisi. Survei yang dilakukan Markplus Insight melibatkan 29.250 responden acak yang berada di wilayah hukum 34 polda dan 461 polres. Survei lakukan dengan metodeonline survey, computer assisted telephone interview (CATI), dan computer assited personal interview (CAPI).

“Terdapat 110 polres dan 1 polda yang indeks kepuasannya di atas 90 persen dan itu mayoritas di luar Pulau Jawa. Untuk indeks kepercayaan, ada 191 polres dan 6 polda yang di atas 90 persen, itu juga mayoritas di luar Pulau Jawa,” ujar Chairman Markplus Insight Hermawan Kertajaya kepada wartawan di kantornya, Office 88, Jalan Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019) seperti dilansir Tribratanews Polri.

Responden merupakan masyarakat di atas 18 tahun, memiliki KTP Indonesia, berpendidikan sebisa mungkin SMA dan tidak memiliki keluarga yang bekerja di kepolisian. Responden diajukan skala penilaian satu sampai enam untuk menunjukkan tingkat kepuasannya dan kepercayaannya terhadap polisi.

Baca Juga :  Alap-alap Motor Purworejo Ditangkap, Kapolres Ajak Masyarakat Tak Beli Motor Curian!

Hermawan menerangkan respondennya berasal dari kategori usia 21-25 tahun dengan level pendidikan mayoritas SMA atau setingkat SMA. Dalam melakukan penelitian ini, Hermawan memastikan respondennya bukan berasal dari keluarga polisi.

“Tiga besar polres di luar Jawa untuk indeks kepuasan adalah Polres Talaud (Sulawesi Utara), Polres Ende (NTT), dan Polres Sikka (NTT). Untuk polres di Jawa, tiga besar indeks kepuasan adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Mojokerto, dan Polres Tuban,” jelas Hermawan.

Sementara itu, untuk kepercayaan, polres yang mendapat indeks tertinggi di luar Jawa adalah Padang Panjang, Polres Tebing Tinggi, dan Polres Muara Enim. Selanjutnya, untuk di Jawa adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Gunungkidul, dan Polres Mojokerto.

Hermawan mengatakan, saat kepada responden diajukan skala penilaian 1-6 untuk menunjukkan tingkat kepuasannya dan kepercayaannya terhadap polisi, hasilnya, mayoritas memberikan nilai 4 dan 5.

“Masih sedikit yang memberi nilai 6,” tutur Hermawan.

Hermawan menjelaskan ada 4 poin yang mendasari penilaian terhadap Polri ini. Empat poin dimaksud antara lain kultur, penanganan isu terkini, dan manajemen media.

Baca Juga :  Polres Sragen Ringkus 4 Tersangka Sindikat Maling Motor Lokalan. Beraksi Puluhan Kali, Total 27 Motor Curian Berhasil Diamankan

“Di urutan keempat ada kinerja. Empat poin itu berkontribusi besar dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” tutur Hermawan.

Hasil survei tingkat kepercayaan 44 Polres dengan nilai tertinggi versi Markplus. Foto/Wardoyo

Sementara dari daftar grafik hasil survei Markplus Insight yang diterima Joglosemar, terdapat nama Polres Sragen di Polda Jateng yang membuat kejutan.

Polres Sragen yang di 2018 dipimpin AKBP Arif Budiman sebelum digantikan AKBP Yimmy Kurniawan di penghujung 2018, sukses menyodok di posisi 9 nasional untuk tingkat kepuasan dari 49 Polres kategori Kota Besar yang masuk daftar memuaskan se-Indonesia. Sragen bertengger di kelompok top ten dengan angka 92,46 persen.

Di kategori tingkat kepercayaan masyarakat, Polres Sragen juga masuk di peringkat 17 dari 44 Polres dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen se-Indonesia. Polres Sragen yang kala 2018 dipimpin Kapolres peraih penghargaan penyidik tipikor terbaik 2016 dari Kapolri itu meraih angka 93,34.

Hasil survei itu juga menjadi pembahasan dan disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di hadapan petinggi Polri dan direlay langsung oleh semua jajaran Polres seluruh Indonesia Kamis (7/2/2019) pagi ini.  (*/Wardoyo)