JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Aktivitas Sejumlah Gunung Berapi di Indonesia Mulai Menurun

anak krakatau
tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah gunung berapi di wilayah Indonesia belakangan mulai menunjukkan tren penurunan aktivitas.

Menurut laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hal itu merupakan trend positif.

“Gunung Anak Kratakau turun dari Level III, yaitu siaga ke waspada. Ini cukup positif, dengan turunnya level ini titik aman menjadi dua kilometer dari kawah,” kata Deputi bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Baca Juga :  Tak Menyerah Ditolak Menkumham, Demokrat Versi KLB Deli Serdang Masukkan Gugatan Terhadap AHY Cs ke PN Jakpus

Begitu juga dengan Gunung Karangetan radius 2,5 km dari puncak yang dinyatakan berbahaya sehingga warga yang mengungsi bisa kembali ke rumahnya.

Sementara Gunung Bromo berada pada Level III atau Waspada dan zona yang dinyatakan berbahaya hanya 1 km dari puncak gunung.

Baca Juga :  Kasus Penyerangan Mabes Polri, Polisi Tetapkan Penjual Senjata Airgun ke ZA sebagai Tersangka. Terancam Dijerat Pasal UU Darurat Senpi Ilegal dan UU Terorisme

“Tidak usah khawatir, terutama untuk wisata selama tidak masuk ke daerah kawah,” kata dia.

Adapun Gunung Sinabung menunjukkan penurunan aktivitas, serta Gunung Agung meski terjadi letusan, namun kecil.

Sejumlah gunung api tersebut merupakan gunung api aktif dan sejak beberapa tahun terakhir mengalami letusan sehingga menimbulkan korban jiwa dan kerusakan.

www.tempo.co