JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bupati Karanganyar Cari Lulusan SMP yang Mau Jadi Hafiz Alquran. Pemkab Jamin Bantuan, Ini Syaratnya! 

Foto/Humas Kab
Foto/Humas Kab

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar meminta setiap desa agar mendidik satu anak lulusan SMP menjadi hafiz Al Quran. Lulusan SMP itu nantinya akan dibina dan ditempatkan di desa untuk menjaga Alquran.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Harlah IPHI ke 29 di Masjid Agung Karanganyar, kemarin. Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta anggota IPHI untuk mencarikan anak desa yang mau didik untuk hafiz Al Quran.

Namun, anak itu tidak boleh pergi dari desa tersebut karena untuk menjaga Al Quran hadir di desa tersebut.

“Tidak boleh pergi itu, karena dia akan menjadi menjaga Al Quran di desa tersebut. Dia sekaligus dai dan menjadi pusat rujukan untuk belajar al Quran di desa tersebut,” papar Juliyatmono di hadapan ratusan jamaah.

Baca Juga :  Makin Ganas, Virus Covid-19 Renggut Nyawa Warga Perum Ngringo Karanganyar. Bapak 56 Tahun Meninggal Positif, Anak dan Keluarga Besarnya Diswab Sampai 3 Kali

Dia menambahkan anak yang dicari itu adalah lulusan SMP. Kemudian dia dibina dan didik untuk belajar Al Quran dan menjadi hafal. Kemudian, dia menjadi dai sekaligus menjaga Al Quran di setiap desa di Kabupaten Karanganyar. Jika nanti sudah bekerja, Pemkab Karanganyar akan memberikan bantuan untuk wirausaha.

“Dia akan diopeni sampai kapanpun agar bisa menjaga Al Quran di desa tersebut. Namun syaratnya dia tidak boleh pergi dari desa tersebut,” imbuhnya.

Saat ini, menurut Juliyatmono rencana itu akan dilakukan segera dan akan dilakukan dengan tahap seleksi. Supaya benar-benar didapatkan seseorang yang mau belajar dan mengajarkan Al Quran. Untuk proses pendidikan atau belajar al Quran juga akan dibiayai.

Baca Juga :  Kabar Baik, Digelontor Rp 190 Juta, Pujasera Karanganyar Bakal Disulap Jadi Taman Kuliner Semi Food Court Ala Kota-Kota. Sayangnya Papan Nama Proyeknya Tak Tahu Entah di Mana?

“Bagi bapak dan ibu yang mempunyai anak, segera daftarkan,” pungkasnya.

Sementara Ketua IPHI Kabupaten Karanganyar, Abdul Muid mengatakan akan ada pembelajaran tafsir dan baca al Quran. Sebab bapak yang setelah pulang haji sering dimintai masyarakat setempat untuk menjadi imam di masjidnya.

Banyak juga, bapak yang belum bersedia menjadi imam usai pulang dari haji.

“Mengenai rencana pembangunan Masjid Agung Karanganyar, IPHI sangat mendukung. Yang jelas, tugas kita bersama untuk bisa memakmurkan masjid,” papar Abdul Muid saat memberikan sambutan.

Harlah IPHI tersebut juga diadakan kegiatan jalan sehat dan doorprize hadiah. Wardoyo