JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jos, Rutan Kelas II B Wonogiri Panen Jagung. Bijinya Berkualitas Padat Berisi

Kakanwil Kemnkumham Jateng (kanan), Karutan Wonogiri (dua dari kanan) dan Wakil Bupati Wonogiri (kiri) menunjukkan jagung hasil panen di lahan Rutan Kelas IIB Wonogiri.
Kakanwil Kemnkumham Jateng (kanan), Karutan Wonogiri (dua dari kanan) dan Wakil Bupati Wonogiri (kiri) menunjukkan jagung hasil panen di lahan Rutan Kelas IIB Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Senin (11/3/2019) menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi keluarga besar Rutan Kelas II B Wonogiri. Pasalnya, tidak hanya menjadi hari dimulainya pelatihan menjadi dana finishing mebel bagi warga binaan.

Keluarga besar Rutan Kelas II B Wonogiri juga tengah panen raya jagung. Tanaman jagung yang dipanen berada di lahan milik sendiri yang berada tepat di sisi belakang komplek rutan.

Kepala Rutan Kelas II B Wonogiri, Urip Dharma Yoga menjelaskan, pihaknya sengaja menanam jagung untuk menambah ketahanan pangan. Selain itu membangkitkan lahan rutan yg selama ini belum produktif.

Baca Juga :  Mau Tahu Cara Kampanye Harjo dan Josss Saat Pandemi COVID-19? Simak Yuk Penjelasan Joko Sutopo dan Joko Purnomo

Dia menerangkan, selama ini lahan yang cukup luas tak jauh dari aliran hulu Bengawan Solo tersebut belum dimanfaatkan maksimal. Setelah dia menjabat di Wonogiri, segera putar otak menyikapinya.

“Tanah seluas 4,2 hektare selanjutnya disupport pemkab Wonogiri dan digunakan untuk lahan pertanian dan hortikultura,” terang dia.

Selain jagung, lahan juga ditanami aneka hijauan bermanfaat ekonomis. Seperti sayuran terong, cabai, kangkung, kacang, dan sebagainya.

“Hari ini kebetulan pas panen raya jagung. Kami turut mengundang pula Forkopimda, pertani sekitar, dinas pertanian, dan lainnya,” sebut dia.

Baca Juga :  Pasar Taliwangsul Gerdu Giripurwo Wonogiri Belum Jadi Dibuka, Penggemar Kuliner Tradisional Mohon Bersabar, ini Alasan Penundaan itu

Sutrisman Kakanwil Kemenkumham Jateng menuturkan, produk hasil Rutan Wonogiri diharapkan tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga besar rutan. Lebih dari itu, barus bisa menjadi kebanggaan Wonogiri dan sekitarnya.

“Ini langkah yang sangat bagus, tingkatkan terus,” tutur dia.

Sementara Wakil Bupati Edy Santosa berujar, jagung yang dipanen termasuk berkualitas bagus. Terbukti dari bijinya yang padat, berisi, dan sehat. Aris Arianto