JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Malas Minum Air Putih? Ini Gangguan yang Akan Timbul Bukan Hanya Dehidrasi Tapi ini Juga akan Terjadi

Ilustrasi minum air putih. Foto: pexels
Ilustrasi minum air putih. Foto: pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Telah terbukti lama bahwa minum air putih baik untuk kesehatan manusia. Namun apabila kita malas minum air putih bukan hanya masalah dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh, tapi ternyata juga akan menimbulkan hal lainnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr. Ari Fahrial Syam memaparkan jika tubuh kurang minum air putih, maka efeknya mulai dari mulut hingga alat pencernaan.

Pada bagian mulut, akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan mudah muncul sariawan.

Baca Juga :  Punya Penyakit Asam Urat, Hindari 12 Bahan Makanan Mengandung Purin Tinggi Ini. Ada Daging, Buah, hingga Sayuran

“Kalau mulut kering, gusi lidah jadi sensitif dan mudah sariawan. Bau mulut juga karena kurang minum,” kata dr. Ari saat ditemui di acara Danone, di Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Kemudian, turun ke bagian pencernaan kalau jarang minum maka akan menimbulkan rasa begah karena makanan banyak menumpuk di lambung.

Selain itu, kata dr. Ari orang yang kurang minum akan membuat susah buang air besar (BAB) terlebih jika kurang mengonsumsi serat dan sedikit gerak.

Baca Juga :  Waspadai Penyakit MIS-C pada Anak yang Terinfeksi Virus Corona: Gejala Muncul 3-4 Minggu setelah Kena Covid-19, Bisa Tanpa Demam, Batuk, dan Sesak

Jika kesulitan BAB maka akan memancing penyakit lainnya seperti permasalahan di usus menimbulkan kanker.

“Timbul luka di usus, akhirnya bisa kanker. Orang yang susah BAB berisiko kanker lebih besar daripada yang tidak konstipasi (sembelit),” ungkap dr. Ari.

Dr. Ari juga menyebutkan kalau kurang minum tidak hanya berefek pada kesehatan fisik, tapi juga kejiwaan karena emosi mudah terpancing saat tubuh kekurangan cairan.

“Kalau dehidrasi, bisa menimbulkan emosi. Akhirnya marah-marah. Jadi tubuh tetap butuh minum,” pungkas dr. Ari.

www.tribunnews.com