JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Polres Sragen Bongkar Sindikat Percaloan Pramugari Lion Air. Korban Pelajar Hingga Mahasiswi,Tarif Hingga Rp 120 Juta 

Tersangka saat diamankan di Polres Sragen. Foto/Wardoyo
   
Tersangka saat diamankan di Polres Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Polres Sragen sukses membongkar sindikat penipuan berkedok pendaftaran calon pramugari dan pramugara Lion Air. Dengan dalih bisa meloloskan menjadi pramugari, seorang pemuda asal Kedawung Sragen sukses memperdaya sejumlah korban.

Pelaku meraup uang ratusan juta rupiah dari sekirar 10 korban. Korban rata-rata berstatus lulusan pelajar hingga mahasiswa.

Tersangka diketahui bernama Tri Wantoro (32) asal Dukuh Gondang, RT 8 Mojodoyong, Kedawung, Sragen. Ia dibekuk oleh tim Resmob Polres Sragen berdasarkam laporan mahasiswi, Tiara Indasari (20) asal Sumberejo, Plupuh, Sragen yang menjadi salah satu korban.

Mahasiswi itu melaporkan aksi penipuan itu pada 31 Januari 2018 silam ke Polres Sragen.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Di hadapan petugas, korban yang didampingi ibunya, Kismiyati (40) melaporkan aksi penipuan itu berawal pada 13 Oktober 2018 silam. Awalnya, tersangka bertemu korban dan ibunya di rumah Taryadi di Ceperan, Sambirejo, Plupuh.

Saat itu, tersangka menawarkan jasa membantu korban menjadi pramugari Lion Air di Batam dengan Persyaratan membayar uang Rp. 120.000.000 atau Rp 120 juta.

Karena putri korban masih kuliah, tersangka menjanjikan untuk perekrutan bisa dilakukan sambil cuti kuliah. Karena tertarik, korban dan putrinya mengiyakan. Sebagai kesepakatan ia membayar uang muka Rp 30 juta disertai kuitansi bermaterai.

Setelah itu, tersangka membawa korban dan delapan korban lain ke Batam dengan dalih untuk pelatihan. Namun hingga uang terbayarkan hampir Rp 80 juta, korban tak kunjung dipekerjakan.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Bersamaan dengan itu, tersangka menghindar dan tiba-tiba menghilang. Merasa sudah tertipu, korban dan ibunya akhirnya nekat melapor ke Polres.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasat Reskrim AKP Harno menyampaikan modus yang dilakukan tersangka yakni mengiming-imingi membantu menjadikan pramugari namun dengan persyaratan membayar Rp 120 juta.

“Ketika uang sudah dibayarkan, korban tak kunjung dipekerjakan. Tarifnya ratusan juta rupiah. Tersangka sudah kita amankan di Polres,” papar Kasat Jumat (1/3/2019). Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com