JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Surat Suara Pileg 2019 Tiba di KPU Solo

Desain surat suara Pileg untuk Pileg 2019 di Karanganyar. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo menerima surat suara Pileg 2019, Rabu (27/3/2019). Surat suara Pileg 2019 terdiri dari surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kota.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Solo, Bambang Christanto menuturkan, surat suara Puleg 2019 tiba di KPU Solo sekitar pukul 08.00 WIB dengan pengawalan ketat anggota Polresta Surakarta.

“Kedatangan surat suara Pileg 2019 dikawal ketat mulai dari Bogor hingga Solo. Rencananya nanti pelipatan surat suara Pileg 2019 akan dilakukan setelah pelipatan surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) selesai dilakukan,” urainya.

Baca Juga :  Kurang dari 24 Jam, Polisi Amankan 2 Terduga Pelaku Pengeroyokan dan Perusakan di Mertodranan Pasar Kliwon Solo

Dengan kedatangan surat suara Pileg 2019 tersebut maka surat suara Pemilu 2019 telah lengkap setelah surat suara Capres-Cawapres dan DPD.

“Target kita sekarang menyelesaikan pelipatan semua surat suara caleg mengingat waktu pencoblosan tinggal beberapa hari lagi,” imbuh Bambang.

Sementara itu, surat suara anggota DPR RI jumlahnya sebanyak 861 boks. Setiap boks ada sebanyak 500 lembar. Total ada sebanyak 1.291.317 surat suara caleg yang datang di kantor KPU Solo, dengan perincian masing-masing caleng DPRD kota, DPRD Jateng, dan DPR RI sebanyak 430.439 surat suara.

Baca Juga :  BREAKING NEWS: Bocah 11 Tahun Dikabarkan Tenggelam di Bengawan Solo Kampung Sewu Solo, Tim SAR Langsung Lakukan Pencarian

“Penyortiran surat suara caleg ditarget selesai  tujuh hari kedepan mengingat waktu pencoblosan tinggal setengah bulan. Penyortiran surat suara selesai semua selanjutnya bakal dimasukkan ke kotak suara dan didistribusikan ke 1.734 TPS. Pelipatan surat suara caleg melibatkan sebanyak 246 orang. Dan ada lima gudang yang digunakan untuk penyortiran surat suara caleg. Lokasi tersebut meliputi Gedung SDN Baturono, aula kantor Kelurahan Serengan, Gedung Serba Guna Kalurahan Karangasem, dan Kantor STP,” tukas Bambang. Triawati PP