JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

The Sunan Hotel Solo Turut  Meriahkan  Kampanye Earth Hour 2019

Dok The Sunan Hotel Solo

SOLO, Joglosemsrnews.com – The Sunan Hotel  Solo mendukung gerakan Earth Hour melalui serangkaian kampanye hemat energi. Bertepatan dengan Earth Hour tahun ini yang jatuh pada Sabtu (30/3/2019), The Sunan Hotel Solo melakukan pemadaman listrik selama 1 jam pada pukul 20.30 – 21.30 WIB

Pemadaman dilakukan di beberapa titik area,  seperti di Lobby, Restaurant, Lampu sorot Gedung Sunan 1 dan 2 dan Parking Area.

Senagaimana diketahui, Earth Hour (jam bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Found For Nature (WWF).

Yuwono Supriyo selaku Chief Engineering The Sunan Hotel Solo menyampaikan, kegiatan ini termasuk agenda rutin yang selalu  dilaksanakan setiap tahun dan merupakan aksi nyata  untuk mengajak semua orang lebih bijak memanfaatkan bumi.

“Dalam 60 menit seluruh perangkat lampu dan elektronik di hotel yang menggunakan energi listrik akan dipadamkan secara maksimal tanpa mengganggu kenyamanan tamu,”  ujar Yuwono Supriyo, sebagaimana dikutip dalam siaran pers ke Joglosemarnews.

Yuwono mengatakan, kegiatan tersebut silakukan dengan target  di internal hotel bisa berpartisipasi mengurangi pemakaian energi serta mengajak masyarakat untuk melakukan program ini secara berkelanjutan untuk hidup hemat energy sesuai dengan logo Earth Hour yaitu 60+, plus secara  berkelanjutan.

Baca Juga :  Laju Pertambahan Kasus Covid-19 di Solo Belum Tunjukkan Tanda Berhenti, Total 564 Kasus

“Dengan senang hati kami juga mempersilakan para tamu yang tertarik untuk turut serta dalam program ini dengan memadamkan lampu kamar atau mengurangi pemakaiannya secara bijak,” tuturnya.

Selain ikut berpartisipasi dalam program earth hour, The Sunan juga menyajikan menu makanan ramah lingkungan. Semua menu makanan tersebut sangat sedikit membutuhkan energi listrik, gas dan minyak sehingga aman dikonsumsi bagi tubuh juga lingkungan. Makanan tersebut berasal dari sayur- sayuran dan buah dimana salah satunya kulit jeruk diolah kembali menjadi selai (marmalade).

Tersaji tiga jenis menu makanan yaitu  Tomato Soup On Bread, yang merupakan masakan soup dari tomat,  Spinach Pasta yaitu Pasta yang diolah dari sayur bayam dan Orange Panna Cotta with Marmalade yang merupakan puding jeruk dengan selai yang dibuat dari kulit jeruknya,  sebagai makanan penutup.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Milenial, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa Bakal Gelar Konser Virtual

Tomato Soup Bread diharga Rp 30,000,-/nett, Spinach Pasta Rp 60.000,-/nett dan Rp 25.000,-/nett untuk Panna Cotta with Marmalade. Untuk minuman tersedia Lime Moon Sabit diharga Rp 40.000,-/nett. Semua menu di atas tersedia di Narendra Restaurant.

Kampanye Earth Hour ala The Sunan Hotel Solo juga mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah dengan menampilkan kreasi busana karya mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Prodi Batik.

Mereka merancang pakaian ramah lingkungan, yaitu pemanfaatan terhadap plastik, kain perca dan karung goni yang tidak terpakai menjadi desain baju yang mempesona. Turut dipamerkan juga hasil produk kerajinan metafora #5 yang terbuat dari kayu berupa jam dinding, tempat alat tulis, gitar dll.

Semua itu merupakan hasil karya mahasiswa ISI Surakarta. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang hemat energi, murah dan sederhana. suhamdani