loading...
Loading...
Sejumlah personel bersenjata lengkap mengamankan kedatangan surat suara Pileg DPR RI dan DPRD Provinsi di Sragen. Foto/Wardoyo

 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Ratusan ribu lembar surat suara untuk Pemilu 2019 hari ini kembali tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen. Surat suara yang tiba di KPU yakni untuk pemilihan DPR RI dan DPRD Provinsi dengan jumlah masing-masing sesuai daftar pemilih tetap (DPT), 794.034 lembar, ditambah dua persen setiap TPS.

“Mengenai laporan kerusakan belum diketahui jumlahnya. Kalau sudah proses sortir lipat baru akan kelihatan rusaknya berapa. Sesuai DPT ada 794.034 tambah 2 persen di setiap TPS. DPR RI dan DPRD Kabupaten sama,” kata Komisioner KPU Sragen Bidang Data, Prihantoro, Kamis (28/3/2019).

Baca Juga :  Kisah Warga Grobogan Ketiban Balon Udara dan MMT HUT Bhayangkara Yang Diterbangkan Polres Sragen. Kapolres Janjikan Hadiah Uang 

Surat suara untuk pemilihan DPR RI dan DPR Provinsi itu mulai besuk pagi akan disortir dan dilipat mengingat waktu yang sudah mepet.

Prihantoro mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 280 relawan pelipatan surat suara tersebut, karena sortir dan pelipatan dipercepat. Pelipatan dan sortir surat suara berlangsung di Gedung IPHI Krapyak Sragen.

Baca Juga :  Jalur Ring Road Utara Sragen Ditutup Sebulan. Kendaraan Dialihkan Lewat Jalur Kota, Kasatlantas Imbau Pengendara Taati Rekayasa Lalin! 

Pelipatan ditargetkan sepekan selesai. Kemudian untuk surat suara DPRD Kabupaten yang dijadwalkan tiba awal pekan depan juga langsung dilakukan sortir dan pelipatan.

Dia menjelaskan, sebelumnya dari 792.498 surat suara Piplres terdapat kekurangan 1.956, sementara yang rusak 4.885 lembar. Begitupula untuk surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD), jumlahnya 792.438 lembar masih kurang 1.596 lembar, dan terjadi kerusakan 1.744 lembar.

Baca Juga :  Di Balik Ritual S3ks Berujung Maut di Gunung Kemukus. Terjadi Saat Malam Puncak Jumat Pon, Pengunjung Mencapai 1.650 Orang 

“Kerusakan seperti terdapat tetesan tinta dan sobek. Surat suara rusak dan kekurangan surat suara telah dilaporkan kepada KPU Pusat untuk dimintakan ganti,” ujarnya.

Sementara kedatangan surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi dikawal ketat aparat kepolisian. Sejumlah personel bersenjata lengkap dikerahkan Polres Sragen untuk mengamankan proses kedatangan dan penurunan logistik surat suara itu sampai selesai. Wardoyo

Iklan
Loading...