JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

3 Caleg Artis Gagal Bersinar di Dapil Kandang Banteng Jateng IV. Afdhal Yusman 1.052 Suara, Artis Cantik Livy Baru Dapat 68 Coblosan

Afdhal Yusman, Livy Andriani dan Helena Adrian. Foto Kolase/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Afdhal Yusman, Livy Andriani dan Helena Andrian. Foto Kolase/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Popularitas agaknya tak selalu berbanding lurus dengan elektabilitas dalam urusan politik. Hal itu tergambar dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI di Dapil Jateng IV.

Tiga artis kondang yang dipasang Partai Nasdem untuk mendulang suara di Dapil yang meliputi Kabupaten Sragen, Wonogiri, Karanganyar buktinya tetap gagal meraup suara maksimal.

Mereka masing-masing aktor tampan Afdhal Yusman, artis cantik Livy Andriani dan penyanyi cantik jebolan Indonesian Idol, Helena Andrian.

Ketenaran mereka di dunia entertain rupanya tak serta merta menjalar pada persepsi masyarakat untuk melabuhkan pilihan ke mereka di ajang Pileg.

Hal itu setidaknya tergambar dari hasil perolehan sementara real count Pileg DPR RI Jateng IV yang digelar Diskominfo Pemkab Sragen.

Hingga 74 persen suara masuk Selasa (23/4/2019) malam, perolehan suara ketiga artis dan aktor itu masih sangat minim.

Baca Juga :  Beredar Pengakuan Salah Satu Pelaku Perusakan Tugu PSHT di Sragen. Sebut Seseorang Berinisial Pak W Yang Menyuruh Melakukan Perusakan

Helena Andrian misalnya. Mengusung nomor urut 3, Helena baru mengoleksi 435 suara di wilayah Sragen.

Sementara, aktor laga Afdhal Yusman yang bernomor urut 6 baru mengoleksi 1.052 suara. Padahal, Afdhal terbilang rajin turun ke Sragen selama masa kampanye.

Di antaranya menyambangi warung Mie Ayam Rp 2.000 di Gondang dan kampanye penutup di Sumberlawang, Sragen. Acapkali kunjungan, ratusan masyarakat pun menyambut Afdhal penuh histeris.

Nasib lebih tragis dialami Livy Andriani. Mengusung nomor urut 5, artis FTV berparas cantik ini malah baru mengoleksi 68 coblosan saja.

Perolehan suara ketiga Caleg itu bahkan kalah banyak dibanding coblosan ke gambar partainya yang sudah mencapai 3.098 suara.

Di kelompok Caleg Nasdem Dapil Jateng IV, perolehan suara terbanyak sementara diduduki advokat Didi Supriyanto yang mengoleksi 8.708 suara.

Namun perolehan real count baru mencapai 74 % dan masih ada 26 % suara yang belum masuk.

Baca Juga :  Kreatif di Masa Pandemi, Polsek Sidoharjo Sragen Bersama Pemuda Sulap Lahan Kosong Jadi Sentra Aneka Sayuran. Kapolsek Pun Rela Keliling Bagi Sayuran Gratis untuk Warga

Sehingga masih ada kemungkinan perubahan atau pertambahan suara hingga perolehan suara 100 %.

Selain itu, perolehan suara yang direkap di real count ini hanya dari Kabupaten Sragen. Sementara wilayah Dapil 4 meliputi Karanganyar, Wonogiri dan Sragen.

“Untuk input data perolehan suara Pileg DPR RI Dapil 4 di Kabupaten Sragen sejauh ini mencapai 74 persen suara masuk sampai pukul 16.00 WIB ini,” ujar Lukman, operator real count Diskominfo Pemkab, Selasa (23/4/2019).

Ya memang masih ada 26 persen suara Sragen yang belum masuk ditambah suara dari Karanganyar, Wonogiri. Namun melihat raihan suara Caleg parpol lain yang sudah menembus puluhan hingga ratusan ribu, peluang para Caleg artis itu menuju kursi Senayan, seolah makin jauh panggang dari api. Wardoyo