loading...
Loading...
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Generasi milenial saat ini dinilai masih membutuhkan banyak bimbingan untuk menghadapi tantangan menjadi enterpreneur. Hal itu terungkap dalam Seminar Kewirausahaana “Motivate Yourself To Be Your Own Boss”, Jumat (5/4/2019), di Kampus Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta.

“Kaum milenial saat ini lebih antusias belajar enterpreneur, namun mereka masih membutuhkan mentor untuk menjadi sukses. Rata-rata ada keinginan tapi butuh mentor, mereka ingin jadi orang sukses, tapi antara kekhawatiran dan harapan terkadang mereka bingung mencari cara, mencari polanya seperti apa, kata kuncinya mereka sebenarnya lebih manfaat jika ada mentornya,” urai Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Yapertib Sholichul Hadi.

Terkait hal itu, Uniba Surakarta bersama Sekolah Menengah dalam naungan Yayasan Perguruan Batik selalu menghadirkan para praktisi Dunia Usaha Dunia Industri seperti perbankan, pengusaha kuliner, chatering, Paguyuban pemegang saham dan komisaris, untuk memberikan masukan, kepada civitas akademik.

Baca Juga :  Danlanud Adi Soemarmo Buka Latganda Angkatan ke-44

“Masukan juga dimanfaatkan dalam penyusunan kurikulum di Uniba,” imbuh Solichul.

Sementara itu, Pelaku Wirausaha dari Amerika Serikat sekaligus narasumber dalam seminar, Hazrat Shaykh Samikh Sahadat dalam seminar menandaskan bahwa Indonesia sebagai Negara Muslim terbesar di dunia telah menunjukkan etika yang kuat dan karakter yang santun dalam berbisnis, termasuk pengusaha muslimnya.

“Banyak pengusaha dari berbagai negara dunia tertarik dengan Islam, karena Indonesia menunjukkan kekuatan bisnis yang kuat yang didasari nilai-nilai keislaman. Menjadi pebisnis bukan hanya sekedar membuka usaha dan menjalankannya, tetapi lebih untuk mengembangkan pola pikir pebisnis yang berguna untuk siapapun dalam organisasi apapun, dengan melihat masalah menjadi sebuah peluang. Namun masih tetap mau mengambil resiko, kreativitas, inovasi dan pemikiran yang luar biasa,” tukasnya.

Baca Juga :  Sebelum ke DPD PDIP Jateng, Gibran Sampaikan Pidato Politik Pertamanya di Hadapan Ribuan Relawan

Di sisi lain, Ketua Panitia Seminar yang juga Pembimbing Program Kewirausahaan Mahasiswa Uniba Surakarta, Ibnu Suryo menyatakan mahasiswa sangat mengapresiasi Seminar, karena mahasiswa mendapatkan motivasi dan inspirasi untuk berwirausaha.

“Imu yang diperoleh dari Pengusaha Muslim Amerika Serikat tersebut dapat diimplementasikan dan dikombinasikan dengan pandangan yang ada di dunia usaha yang digeluti, karena saat ini sebagian besar mahasiswa UNIBA telah memiliki usaha,” tandasnya. Triawati PP

Loading...