JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Bebas dari Bau Mulut Saat Puasa? Pilih Pasta Gigi yang Mengandung Bahan ini

Pasta gigi. pexels.com
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi Pasta gigi. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Beberapa hari lagi umat muslim akan menunaikan ibadah puasa Ramadan. Pada saat puasa ini, mulut akan menjadi kering karena berkurangnya asupan air dan makanan yang berkurang, yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

Bau mulut ini bisa diatasi dengan penggunaan pasta gigi dengan bahan-bahan natural yang dapat menyegarkan mulut.

Dokter Gigi, Drg. Ratu Mirah Afifah menyarankan agar mencari pasta gigi yang mengandung tiga hal yaitu daun sirih, garam, dan jeruk nipis.

“Ingin yang lebih natural pilih pasta gigi yang mengandung daun sirih, garam dan jeruk nipis,” ucap drg. Ratu Mirah di acara Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 di Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Baca Juga :  WHO Akhirnya Akui Bukti Baru yang Sebut Covid-19 Bisa Menular Lewat Udara

Lebih detil drg. Mirah menjabarkan daun sirih bagus untuk gigi karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri, menyegarkan dan juga anti peradangan.

“Banyak jurnal juga yang menyebutkan daun sirih bermanfaat bau gigi dan mulut,” ungkap drg. Ratu Mirah.

Kemudian kalau garam dapat mengurangi kadar asam pada mulut sehingga PH gigi bisa lebih netral yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Baca Juga :  Waspada Kasus Demam Berdarah Terus Meningkat, Ini Fase Penyakit DBD yang Penting Diketahui

Sedangkan jeruk nipis dapat membuat nafas lebih segar.

“Garam tuh dari orang-orang Romawi dan Yunani gunakan garam sebagi obat kumur juga karena bagus untuk menjaga kadar asam mulu dan jeruk nipis efek bisa menyegarkan,” ungkap drg. Ratu Mirah.

Meski sudah mengandung tiga kandungan tersebut, drg. Mirah menyebutkan yang paling utama adalah pasta gigi harus mengandung fluoride yang berguna mencegah gigi berlubang.

“Jadi memang yang pasti harus dipastikan mengandung fluoride yang terbukti menjaga dan kesehatan gigi serangan gigi berlubang,” pungkas drg. Ratu Mirah.

www.tribunnews.com