loading...
Loading...
jokowi ma'ruf
Ilustrasi

SOLO (JOGLOSEMARNEWS.COM)- Apa yang dilakukan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 di saat masa hari tenang kampanye pemilihan presiden 2019 ini?. Capres Joko Widodo (Jokowi)  usai mengikuti debat terakhir langsung terbang ke Arab Saudi untuk melakukan umrah ke tanah suci Mekah. Sekaligus sebagai Presiden RI, Jokowi juga mengunjungi Kerajaan Arab Saudi.

Sedangkan calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin memilih istirahat saja di rumah. Ia akan menyempatkan waktu berkumpul dengan keluarga. “Saya mau istirahat. Pak Jokowi umrah, saya enggak,” ujar Ma’ruf Amin di Hotel Sultan, Jakarta.

Ma’ruf mengatakan, selama kampanye dirinya sudah berkeliling dan kekurangan waktu berkumpul dengan keluarga. Untuk itu, dia memilih akan berkumpul dengan keluarga. “Kan sudah sekian lama kita muter kayak jarum super, jarum super itu (kepanjangan dari) jarang di rumah suka pergi,” ujar Ma’ruf Amin berseloroh.

Baca Juga :  Siap-siap Pendaftaran CPNS dan PPPK 2019 via Sscasn.bkn.go.id Dibuka Oktober, Ini Jumlah Kebutuhan dan Prioritasnya

Selama kampanye ini, Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk menahan diri dan legowo untuk masing-masing pihak yang sudah menjatuhkan pilihannya. “Tidak perlu ada ujaran kebencian, saling memaki, saling memusuhi, karena pilpres itu kan bukan perang. Jadi jangan sampai pilpres itu mengorbankan keutuhan bangsa,” ujar Ma’ruf Amin.

Sebagai Presiden RI, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Istana yang berada di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/2019).

Baca Juga :  Soal PNS Kerja dari Rumah, JK: Belum Tepat Diberlakukan Saat Ini

“Di Ibu Kota Kerajaan Arab Saudi ini saya hendak bertemu dan bersantap siang bersama Raja Salman bin Abdulaziz di Istana, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman,” kata Jokowi dalam akun Instagramnya @jokowi.

Jokowi tiba di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/20190 pukul 08.50 waktu setempat atau pukul 12.50 WIB. Di bandara tersebut, Jokowi dan Iriana disambut Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh dan Gubernur Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud serta Menteri Perdagangan dan Investasi Majid Bin Abdullah Al Qasabi.

Setelah bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman, Jokowi dan Iriana akan bertolak ke Jeddah. Dari Jeddah, keduanya akan melanjutkkan perjalanan menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah. “Mohon doa dari seluruh rakyat Indonesia, semoga perjalanan kami lancar dan dimudahkan oleh Allah SWT,” ucapnya.

Baca Juga :  Menaker: Pemegang Kartu Pra Kerja Terima Insentif, Bukan Gaji dan Maksimal Selama 3 Bulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa tenang selama tiga hari mulai Minggu hingga Selasa, 16 April 2019. Peserta pemilu beserta seluruh tim pemenangannya dilarang berkampanye di masa tenang ini.

“Harapan kita penyelenggaraan debat dan masa kampanye dapat menjadi referensi bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam pidatonya menutup debat kelima malam ini.(Marwantoro | Syahirul)

 

www.tempo.co.id

 

Iklan
Loading...