Mulai 29 April Jangan Pakai HP Saat Mengemudi, Jangan Pula Lupa Pasang Safety Belt. Sebab Bisa Terjaring Operasi

302
Penyematan pita tanda dimulainya operasi keselamatan berlalu lintas di Polres Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Jajaran Polres Wonogiri, melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2019, di halaman Mapolres Wonogiri Senin, (29/4/2019).

Kegiatan yang diikuti seluruh Anggota Polres, 1 SST Personil Kodim 0728, 1 Peleton Anggota Dishub serta dihadiri Unsur Forkopimda tersebut menandai dimulainya Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2019 di wilayah Kabupaten Wonogiri. Operasi berlangsung 14 hari mulai tanggal 29 April sampai dengan 12 Mei 2019.

Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Jaka Wibawa saat pemeriksaan ranmor dinas, mengatakan inti dari operasi keselamatan lalu lintas yang digelar tahun ini mengedepankan fungsi pencegahan preventif pelanggaran dan kecelakaan lalulintas.

“Operasi ini jika diprosentase 60 persen merupakan pencegahan, preentif 20 persen dan penegakan hukum 20 persen, namun demikian razia akan selalu digelar rutin dengan melibatkan seluruh anggota Satlantas dibackup semua Polsek dan jika terdapat pelanggaran kasat mata akan langsung ditindak,” terang Kompol Jaka Wibawa.

Lebih lanjut Kompol Jaka Wibawa menjelaskan, aktualisasi Operasi Keselamatan Lalulintas lebih dalam bentuk teguran, himbuan dan sosialisasi ke kantor-kantor, komunitas, lembaga dan sekolah tentang peraturan lalulintas dan berlalulintas yang benar.

Sasaran Operasi Keselamatan Tahun 2019 Polres Wonogiri adalah, menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt, menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol, melawan arus lalu lintas, dan mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol.

“Kegiatan Apel Gelar Pasukan dilakukan untuk mengetahui kesiapan personil dan sarana prasarana pendukung agar operasi yang digelar berjalan optimal sesuai sasaran dan tujuan,” tegas Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati saat membacakan sambutan Kakorlantas Polri.

Operasi yang digelar, jelas dia merupakan tanggungjawab Polri dan seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam tertib berlalulintas. Aris Arianto