loading...
Loading...

SOLO, Joglosemarnews.com – FKIP UNS  menyelenggarakan seminar motivasi nasional  di aula Fakultas gedung F, Sabtu (13/4/2019).

Ketua panitia, Akbar Ibrahim Madani mengatakan, seminar tersebut digelar dalam rangkaian acara ESAS Fair 16, yang puncak acaranya akan berlangsung 27 April berupa konser amal.

Akbar mengatakan, seminar motivasi tersebut digelar dengan tujuan untuk mendorong para mahasiswa menjadi aktif bukan sekadar menjadi mahasiswa.

“Namunn agar mahasiswa juga kebermanfaatan dan ikut bertanggung jawab terhadap sesama dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Seminar tersebut menghadirkan tiga orang narasumber yang sangat inspiratif. Mereka adalah Maria Dea Pramudita, founder ‘Ketimbang Ngemis Solo’. Ada juga Randy Pratama S, seorang founder dan CEO dari Kampung Inggris Cool serta Didik Kartika Putra, Direktur Solo Mengajar, yang mendedikasikan dirinya untuk pendidikan anak-anak terpinggirkan.

Lebih lanjut, Akbar berharap, setelah seminar tersebut selesai, para mahasiswa menjadi lebih bergairah lagi, baik untuk belajar maupun beraktivitas bagi sesama.

Baca Juga :  44 Siswa SD di Sukoharjo Ikuti Lomba Mendongeng di Arpusda Sukoharjo

Seminar bertema ‘Awaken Your Inner Youthphoria’ itu bukan hanya diikuti oleh ratusan mahasiswa UNS saja, namun juga mahasiswa dari luar UNS.

Sementara itu, Dekan FKIP UNS, Prof Dr Joko Nurkamto dalam kata sambutannya mengatakan menyambut baik kegiatan tersebut. Ia justru mendorong, selagi ada kesempatan, para mahasiswa memaksimalkan energi kepemudaan yang dimilikinya untuk mengerjakan hal-hal yang positif.

“Kegiatan ekstra seperti ini mengingatkan saya waktu muda. Ini sangat bagus untuk mengembangkan tingkat kedewasaan mahasiswa dalam mengelola dirinya dan lingkungan di sekitarnya. Mahasiswa akan mudah kelihatan, mana yang aktif mana yang tidak. Dari cara duduknya saja kelihatan mana yang terampil berorganisasi, berkomunikasi dan mana yang tidak. Ini menjadi media yang bagus untuk mengembangkan diri,”  ujarnya memberi motivasi.

Baca Juga :  Sambut Revolusi 4.0, Muhammadiyah Luncurkan Muhammadiyah Online University

Hanya saja, di akhir sambutannya, Joko Nurkamto berpesan agar mahasiswa jangan menghabiskan seluruh waktunya di kampus untuk berkegiatan.

“Ingat, menginjak semester VI, kalian sudah harus berhenti berkegiatan seperti ini. Ingat orang tua kalian menitipkan kalian ke sini untuk belajar. Semester VI dan seterusnya fokus kalian adalah skripsi,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan ESAS 16 tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak 9-10 Maret 2019 lalu dengan menggelar lomba Futsal yang berlangsung internal UNS.

Dirangkai kemudian dengan English Debate Competition yang berlangsung tanggal 23 hingga 24 Maret 2019. Disusul kemudian dengan speech kontest yang dihelat pada 31 Maret 2019.

“Kemudian seminar ini, dan besok tanggal 27 April ditutup dengan acara konser amal,” ujar salah satu panitia, Hani. suhamdani

Loading...