JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Seruan Pemilu Damai dari Mahasiswa DKV ISI Solo

Istimewa
   
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pesta demokrasi rakyat akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Peta politik semakin rumit dan suhu politik semakin memanas. Setiap pendukung sibuk mengelu-elukan capres pilihan mereka. Namun di sisi lain, masih banyak masyarakat yang menyerukan Pemilu 2019 Damai.

Salah satunya dilakukan para mahasiswa angkatan 2018 Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang menggelar aksi unik melalui beragam media demi menyerukan Pemilu Damai. Aksi itu dilakukan di Kampoeng Demokrasi, Dukuhan, Nayu, RT. 02, RW. 30 Kadipiro, Banjarsari, Solo, Selasa (9/4/2019).

Sekitar 70an karya ilustrasi berupa poster berisi pesan, ajakan, gambar, ungkapan dan ide kreatif lainnya dipajang oleh para mahasiswa sebagai bentuk persuasif akan Pemilu damai.

“Momentum Pemilu ini kami manfaatkan untuk mengisi tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan di semester II dengan cara yang positi. Puluhan karya kreatif mahasiswa berupa poster berdiameter 50 cm memanfaatkan ban bekas sepeda motor, kemudian dikreasi sedemikian rupa dengan konten seputar ajakan tolak politik uang, tetap bersatu walau beda pilihan, anti hoax, ujaran kebencian, pemilu damai, semangat toleransi, hingga ajakan untuk tidak golput. Poster unik itu bakal dipajang dan dipamerkan hingga gelaran Pemilu selesai,” tutur Nindra Aris Setya Budi selaku Koordinator Mahasiswa.

Ditambahkan Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. selaku Kaprodi DKV ISI Surakarta, para mahasiswa yang notabene merupakan bagian dari masyarakat dan telah memiliki hak pilih, mereka menginginkan untuk turut menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Mereka berekspresi melalui karya mahasiswa dengan teknik dan gaya ilustrasi yang beragam baik teknik manual, digital ataupun kombinasi keduanya. Mereka juga menghadirkan aksi pendukung berupa grafiti massal menggunakan pylox, spidol dan alat gambar lainnya di spanduk berukuran 3×3 meter. Dalam grafiti itu mahasiswa menuangkan beragam kreasi konten pemilu damai bagi masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Di sisi lain, Dosen Pengampu MK Ilustrasi Terapan, Basnendar berharap mahasiswa bisa berkontribusi secara langsung dalam menyukseskan pemilu agar terlaksana dengan damai, aman, jujur dan adil melalui kegiatan yang kreatif.

“Melalui kegiatan-kegiatan kreatif diharapkan kompetensi dan kemampuan mahasiswa dalam mengolah ide gagasan semakin terasah,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com