loading...
Loading...
Suhartoyo. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar, segera menetapkan tersangka dalam kasus dugaan pungutan liar pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan dugaan penyalahgunaan dana desa di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso. Penetapan tersangka bakal dilakukan setelah tim penyidik Kejari, melakukan gelar perkara dannmeminta keterangan  SP, Kades Girimulyo pada hari Senin (01/04/2019) lalu.

Kepala Kejaksaan negeri (Kajari) Karanganyar, Suhartoyo mengatakan sejumlah saksi telah dimintai keterangan dalam kasus ini. Berdasarkan  keterangan saksi serta keterangan SP,  tim penyidik kemudian meningkat kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan. Berdasaran hasil penyidikan, tim menemukan bukti awal yang cukup kuat, untuk melanjutkan kasus ini.

Baca Juga :  Aniaya Tetangga, Satu Anggota DPRD Karanganyar Kini di Ambang Penjara. Berkas Perkara Naik Kejari, Tinggal Tunggu Ijin Gubernur 

“Untuk kasus desa Girimulyo, sudah masuk tahap penyidikan. Minggu ini kita akan menetapkan siapa tersangkanya. Penetapan tersangka ini  kami lakukan  berdasarkan hasil penyidikan dan hasil keterangan SP saat dimintai keterangan,” kata Kajari, Selasa (02/04/219).

Baca Juga :  Ratusan Pengagum Mantan Presiden Soeharto Ajak Masyarakat Kenang Sebagai Putera Terbaik Bangsa. Gelar Ziarah dan Upacara di Makam Soeharto

Sebagaimana diberitakan, kasus dugaan pungli PTSL dan dugaan penyalahgunaan dana desa yang dilakukan oleh SP, kepala desa Girimulyo,  telah dilaporkan sejak 9 bulan yang lalu ke Kejari Karanganyar.

Dalam laporannya, warga menuding SP selaku kepala desa tidak dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa sebesar Rp 400 juta.

Baca Juga :  Serapan Anggaran Parah, Ketua DPRD Karanganyar Ingatkan Pemkab dan OPD!

Dalam proses pengurusan sertifikat melalui program PTSL, SP juga melakukan pungutan  antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta, dengan total sebanyak 850 bidang. Padahal pengurusan sertifikat tanah tersebut tidak dipungut biaya. Wardoyo

Iklan
Loading...