JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unisri Gelar Talkshow Membentengi Mahasiswa dari Faham Radikal

talk show di Unisri
Dok Humas Unisri
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –ย  Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar talkshowย ย  ย ย diย ย  ruang seminar lantai 5 kampus setempat, Kamis (4/4/2019).

Seminar yang mengusung tema Membentengi Pemuda dan Mahasiswa Dari Faham Radikal dan Intoleran itu dibukaย ย  olehย  Sekretaris Yayasan,ย  Drs.ย  Ediย  Sasongko,ย ย  MM.

Dalam kata ย sambutannya,ย ย  Edi Sasongko mengucapkanย ย  selamatย ย  kepadaย ย  panitiaย ย  yangย ย  telahย ย  menyelenggarakanย ย  talkshow tersebut.

โ€œUpaya untuk ย membentengi diri dari faham radikalisme seperti ini perlu sekali bagi pemuda dan khususnya mahasiswa,โ€ ujarnya.

Untuk itu, ujar Edi, ย pihaknya ย berharapย ย  dalamย ย  acaraย ย  talkshowย ย  itu ย mahasiswaย ย  bisaย ย  melakukanย ย  dialektika dengan narasumber sehingga mahasiswa mengerti bagaimana membentuk Indonesia yang akan datang agar lebih baik.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Acara tersebut, menurut Yonathanย  Prasetioย ย  selakuย ย  Ketuaย ย  Pelaksanaย ย  acara, diikutiย  olehย ย  150ย ย  mahasiswaย ย  terdiri dari mahasiswa semester 2, 4, 6.

โ€œMereka juga merupakan aktivis dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM)ย  danย ย  BEMย  diย  Unisri,โ€ ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirim Humas Unisri, Yona Ervina ke Joglosemarnews.

Seminar tersebut menghadirkanย ย  tiga narasumber,ย ย  yakniย  Drs ย Dianย ย  Nafi (Pengasuh Ponpes Al Muayyad Windan Sukoharjo), Chamidi (Eks Napiter Surakarta ) dan Dr Sutoyo, MPd (selaku akademisi).

Menurut Dr. Sutoyo, MPd, paham radikal dan intoleran di lingkungan kampus memungkinkan terjadi. Pasalnya, para mahasiswa memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga hal itu menjadi salah satu celah yang dapat dimasuki.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Talkshow yang dipandu oleh Yudhistira Pandu itu menekankan bahwa tema pada seminar tersebut baikย ย  untukย ย  didiskusikanย ย  diย ย  semuaย ย  kalanganย ย  danย ย  tingkatan.

Mahasiswa, ujarnya, bolehย ย  jadiย ย  adalah tingkatan dengan potensiย  terpapar lebih tinggi ketimbang yangย  lain, karena mahasiswa punya aksesย ย  yangย ย  lebihย ย  banyakย ย  danย ย  lebihย ย  bebas.

Acaraย ย  talkshowย ย  tersebut merupakan salah satu upaya untuk membuat mereka tetap pancasila, dengan azas sederhana, mengutamakan kepentingan kebersamaan dibanding kepentingan golongan dan diri sendiri.

Sutoyo mengatakan, acara-acara seperti itu harus secara kontinyu diselenggarakan demi menanamkan nilai-nilai Pancaila pada generasi muda.ย  suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com