JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

AJI Kecam Kekerasan Polisi Terhadap 2 Jurnalis Foto di Bandung

kamera
ilustrasi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tindakan kekerasan  dilakkukan  oleh aparat kepolisian terhadap jurnalis dalam peringatan Hari Buruh Internasional di Bandung, Rabu (1/5/2019).

Dua jurnalis yang menjadi sasaran adalah jurnalis foto bernama  Iqbal Kusumadireza (Rezza) dan Prima Mulia.

Terkait dengan tindakan kekerasan tersebut, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung mengeluarkan kecaman.

“Tugas jurnalis dilindungi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999. Seharusnya aparat menghormati itu. Apalagi ketika jurnalis sudah menunjukkan identitasnya,” ujar Ketua AJI Bandung, Ari Syahril Ramadhan melalui keterangan tertulis, Rabu (1/5/2019).

Baca Juga :  Ini Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru

Dikatakan, dalam Pasal 18 Undang-undang Pers disebutkan, seorang wartawan yang sedang melaksanakan tugas jurnalistik dilarang untuk dihambat atau dihalangi oleh pihak mana pun.

“Ancaman pidananya paling lama dua tahun,” kata Ari.

Baca Juga :  Parah, Anggota DPRD PDIP Kepergok Mesum dengan Istri Orang di Toilet Rumah. Sempat Dihajar Suaminya, Saat Digerebek Dalam Kondisi Begini

Sebagaimana diketahui, Rezza dan Prima dianiaya sejumlah anggota polisi saat meliput aksi pada Hari Buruh Internasional.

Rezza mengalami luka di sekujur tubuhnya setelah dipukuli dan ditendang oleh polisi. Sementara Prima, sempat dicekek dan diancam secara verbal.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua