loading...
Loading...
Ilustrasi mengemudi. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi dan jarak yang jauh tentunya akan membuat sang pengemudi lelah. Hal tersebut tak jarang akan menimbulkan terjadinya microsleep.

Kepala Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo, dr Lucky Dana Victory mengatakan, microsleep adalah terjadinya tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat.

“Biasanya berlangsung 2 detik hingga hampir 2 menit. Dan penyebabnya adalah karena faktor kelelahan serta kurangnya waktu untuk istirahat,” ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (29/5/2019).

Ia mengatakan, microsleep akan sangat bahaya jika terjadi ketika mengemudikan kendaraan bermotor.

Baca Juga :  Viral Video Balita Sedang Tidur Pulas Dibangunkan Paksa Demi Ulang Tahun, Netizen Berkomentar Negatif, Ini Kata Dokter

“Tentunya sangat bahaya. Dan sebagian besar kecelakaan di jalan raya yang biasanya kita tangani penyebabnya adalah microsleep tadi,” tambahnya.

dr Lucky Dana Victory menjelaskan, tanda atau gejala awal terjadinya microsleep dapat ditebak.

“Biasanya orang yang akan mengalami microsleep adalah sering menguap, mata sering berkedip dan terasa perih, serta tatapan matanya kosong seperti melamun. Kalau sudah begitu, lebih baik berhenti sejenak mengoperasikan kendaraan untuk istirahat,” terangnya.

Dirinya menerangkan, cara untuk mengatasi microsleep sendiri adalah tidur dengan waktu yang cukup.

“Istirahat dan mengatur pola tidur dengan waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 8 jam jadi solusi satu-satunya mengatasi microsleep. Minum kopi atau minum minuman berenergi pun tidak akan bisa mengatasi microsleep,” tandasnya.

Baca Juga :  Viral Video Balita Sedang Tidur Pulas Dibangunkan Paksa Demi Ulang Tahun, Netizen Berkomentar Negatif, Ini Kata Dokter

www.tribunnews.com

Loading...