loading...
Loading...
PELUNCURAN FASILITAS AKSES- (Kiri-kanan) Direktur BEI Laksono Widodo, Komisaris KSEI Dian Fithri Fadilla, Komisaris Utama KSEI Rahmat Waluyanto, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Efek OJK Ridwan, Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi, Direktur KSEI Syafruddin, Direktur KSEI Supranoto Prajogo dan Direktur Utama KPEI Sunandar pada saat peluncuran fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G) di Gedung BEI pada Senin, 20 Mei 2019.
KSEI

 

JAKARTA– Gebrakan baru kembali dilakukan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G), pada Senin (20/5/2019) di Jakarta.

Melalui fasilitas AKSes ini nantinya para investor di pasar modal dapat memantau portofolio kepemilikan Efek dan atau dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabahnya secara langsung. Tujuannya agar investor terlindungi sekaligus upaya meningkatkan transparansi informasi.

Sebelumnya, fasilitas AKSes pertama kali diluncurkan KSEI pada tahun 2009 dengan nama Investor Area namun belum banyak dilirik investor. Pasalnya masih ditemui sejumlah kendala antara lain proses registrasi masih membutuhkan dokumen fisik berupa Kartu AKSes dan PIN Code, serta fitur-fitur yang sangat terbatas.  Sehingga, upgrade fasilitas AKSes  dilakukan dengan menambah fitur-fitur menarik agar pemanfaatan fasilitas ini semakin banyak. Tercatat, hingga akhir tahun 2018, jumlah investor yang menggunakan fasilitas AKSes masih kurang dari 12 persen.

Baca Juga :  Senior Sales Executive The Sunan Hotel Solo, Dikky Anjar Pratama Sabet Penghargaan Service Person Of The Year Solo 2019

“Salah satu alasan utama KSEI mengembangkan AKSes Next-G adalah karena masih rendahnya pemanfaatan Fasilitas AKSes serta adanya kebutuhan dari investor untuk proses login yang lebih cepat dan mudah. Sebelumnya untuk menggunakan fasilitas AKSes, investor harus lebih dahulu menerima Kartu AKSes dan PIN Code yang kadang membutuhkan waktu karena dokumen berbentuk fisik dan proses distribusi. Dengan AKSes Next-G, cukup menggunakan data pribadi untuk login,” kata Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi dalam rilis kepada Joglosemarnews.com, Kamis (23/5/2019).

Baca Juga :  OJK Solo Catat Naiknya Aset Perbankan Solo Di Kuartal I 2019

Adapun Proses registrasi investor pada AKSes Next-G yang beralamat https://akses.ksei.co.id, lebih mudah, hanya perlu memasukkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk investor lokal, nomor paspor untuk investor asing atau nomor Single Investor Identification (SID) untuk investor institusi. Data lain yang diperlukan antara lain nama, alamat email, dan nomor handphone. Dalam proses registrasi, juga dilakukan verifikasi antara data yang dimasukan dengan data yang ada pada sistem Utama KSEI (C-BEST atau S-INVEST), sehingga yang dapat login ke fasilitas AKSes Next-G adalah investor yang benar-benar sudah dibukakan Sub Rekening Efek atau Rekening Investasi.

Baca Juga :  Rizieq Shihab Bakal Pulang Setelah Jokowi Dilantik

Dengan jumlah investor pasar modal yang telah mencapai 1.891.601 per 16 Mei 2019, KSEI berharap makin banyak investor yang akan memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G, karena investor yang cerdas adalah investor yang tidak hanya cerdas melakukan trading, tetapi juga harus cerdas memantau investasinya.

Prosesi peluncuran dilakukan oleh  Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Efek OJK Ridwan dan Direksi dan Komisaris KSEI, yang disaksikan oleh Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Loto Srinaita Ginting, Direksi dan Komisaris Self-Regulatory Organizations (SRO). Kiki DS

 

 

Iklan
Loading...