JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pengedar dan Bandar Upal Ditangkap di Karanganyar, Kapolsek Imbau Warga Hati-Hati Terima Uang

Foto/Humas Polda
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas Polda

WONOSOBO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolsek Kertek polres Wonosobo. AKP Sigit Prastyanto mengajak masyarakat untuk lebih mewaspadai adanya peredaran uang palsu ini utamanya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pihaknya juga sudah memerintahkan Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas untuk terjun langsung dan terus mengingatkan masyarakat akan maraknya peredaran uang palsu tersebut.

Baca Juga :  Upacara HUT ke-74 Bhayangkara Digelar Virtual, Kapolda Jateng Tegaskan Penanganan Covid-19

“Barang bukti uang palsu yang diedarkan jaringan ini mempunyai kualitas yang cukup baik, sehingga kami minta masyarakat untuk lebih berhati-hati. Cek keaslian uang yang diterima dengan melakukan 3D (dilihat, diraba dan diterawang,” ungkapnya.

Dijelaskan, langkag pertama dilihat apakah cetakan uang tersebut pudar. Biasanya, pada uang palsu cetakannya terlihat lebih licin dengan kecerahan yang berbeda dengan uang asli. Kemudian diraba apakah ada tanda cetakan huruf barile dan huruf timbul pada uang tersebut.

Baca Juga :  Hendi Kembali Luncurkan Kebijakan Unik, Mobil Dinasnya Dipinjamkan untuk Para Calon Nganten

“Terakhir diterawang apakah benang pengaman maupun tanda air berupa gambar pahlawan dan logo Bank Indonesia terlihat jelas,” pungkas AKP Sigit dilansir Tribratanews Polda Jateng. Wardoyo