loading...
Loading...
Proses pemilihan Dekan serentak di UNS. Foto: Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pemilihan Dekan secara serentak, Rabu (8/5/2019). Pemilihan Dekan secara serentak dilakukan di masing-masing fakultas.

Menurut Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho pemilihan dekan dilakukan dengan metode pemungutan suara dan musyawarah mufakat oleh senat ditingkat fakultas.

Kandidat terbaik muncul sebagai calon Dekan di masing-masing fakultas. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS, terdapat empat kandidat calon dekan. Yaitu Dr Bagus Haryono, Ign Agung Satyawan PhD, Prof Ismi Dwi Astuti Nurhaeni dan Sudarmo PhD. Perolehan suara terbanyak diraih oleh Prof Ismi Dwi Astuti Nurhaeni 11 suara, disusul Sudarmo PhD 6 suara serta Dr Bagus Haryono dan Ign Agung Satyawan PhD memperoleh nol suara.

Sedangkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), terdapat dua kandidat calon dekan yaitu Lukman Hakim PhD dan Prof Djoko Suhardjanto memperoleh suara yang sama masing-masing meraih 12 suara. Lalu Fakultas Teknik (FT) UNS terdapat dua kandidat calon dekan yaitu Dr. techn. Ir. Sholihin As’ad, M.T memperoleh 20 suara dan Dr. Eng. Syamsul Hadi memperoleh 10 suara.

Kemudian Fakultas Pertanian (FP) terdapat 3 kandidat calon dekan yaitu Prof Samanhudi memperoleh 25 suara, Dr Joko Sutrisno 13 suara dan Dr Eddy Triharyanto nol suara. Fakultas Kedokteran (FK) terdapat dua calon dekan yaitu Dr Reviono dengan 23 suara dan Prof Sri Sulistyowati 7 suara.

Baca Juga :  ISETH 2019, UMS Gelar 9 Seminar Internasional dalam 2 Hari

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), terdapat tiga kandidat dekan yaitu Harjana PhD dengan 25 suara, Dr Sayekti Wahyuningsih 8 suara, Dr Prabang Setyono 1 suara. Kemudian Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terdapat empat calon dekan yaitu Dr Rahmanu Widayat dengan 10 suara, Dr Nooryan Bahari 5 suara, Ahmad Adib PhD 1 suara dan Dr Sarwono 1 suara. Lalu untuk FH terdapat dua kandidat calon dekan yaitu Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani dan Dr Pujiono. Hanya saja di FH dilakukan musyawarah mufakat yaitu terpilih Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdapat 4 calon dekan yaitu Dr Mardiyana dengan 17 suara, Prof Nunuk Suryani 17 suara, Dr Mohamad Rohmadi 17 suara dan Muh Gamal Rindarjono nol suara. Karena ketiganya memiliki suara sama, maka dilakukan pemilihan putaran kedua dengan perolehan suara Dr Mardiyana dengan 18 suara, Prof Nunuk Suryani 17 suara, Dr Mohamad Rohmadi 16.

Sedangkan FIB terdapat tiga calon dekan dengan perolehan suara, Prof Warto 9 suara, Prof Sahid Teguh Widodo 16 suara dan Dr Dwi Purnanto 9 suara. Lantaran terdapat dua nama yang memperoleh jumlah suara sama, maka dilakukan putaran kedua. Di putaran kedua Prof Warto memperoleh 18 suara, Prof Sahid Teguh Widodo 15 dan absen 1 suara.

Baca Juga :  UMS Akan Kukuhkan Prof Muhammad Da'i dan Prof Muhtadi Jadi Guru Besar ke-27 dan 28

Di Fakultas Keolahragaan (FKOR) terdapat dua kandidat calon dekan yaitu Dr Sapta Kunta Purnama dengan 11 suara dan Prof Agus Kristiyanto 2 suara.

“Untuk pemilihan dekan dilakukan di masing-masing fakultas, ada yang dilakukan dengan pemungutan suara dan musyawarah mufakat. Kalau di FH dilakukan dengan musyawarah mufakat, dua kandidat dekan di FH sama-sama orang terbaik dan setelah musyawarah mufakat mengerucut nama Prof Ayu sebagai dekan FH,” urai Rektor.

Prof Jamal menambahkan dua suara terbanyak hasil dari pemungutan suara di masing-masing fakultas diserahkan ke Rektor. Hasil perolehan dua suara terbanyak calon dekan tersebut menjadi pertimbangan bagi rektor untuk menentukan dekan terpilih dengan melihat curriculum vitae, kemampuan manajerial, Tes Potensi Akademik, tes kesehatan dan tentunya memilikki visi dan misi yang sejalan dengan Rektor.

“Belum tentu suara terbanyak yang menjadi dekan, pemilihan di fakultas ini jadi bahan pertimbangan saya. Dan besok Jumat (10/5/2019) insyaalloh dekan di lingkungan UNS siap dilantik,” pungkasnya. Triawati PP

Loading...